najib saudiKualalumpur, LiputanIslam.com — Sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai kelompok menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Najib Razak karena dianggap melakukan tindakan korupsi.

Kantor berita Iran Press TV melaporkan, di antara tokoh tersebut adalah mantan Perdana Menteri Mahathir Mohammad serta tokoh-tokoh oposisi, termasuk beberapa anggota partai penguasa UMNO. Mahathir MOhammad sendiri baru saja mengundurkan diri dari UMNO karena menganggap partai ini mendukung tindakan korup Najib.

Dalam aksi yang digelar hari ini (4/3) di Kualalumpur itu Mahathir Mohammad membacakan memorandum berisi tuntutan pengunduran diri Najib, yang ditandatangani oleh 58 tokoh. Turut serta menghadiri konperensi tersebut adalah Muhyiddin Yassin, yang dipecat dari jabatannya sebagai Wakil Perdana Menteri tahun lalu karena menyerukan penyidikan terhadap Najib.

“Kami menyerukan kepada seluruh warga Malaysia, tidak membeda-bedakan ras, agama dan situasi politik, sendirian ataupun bersama-sama, tua muda, untuk bergabung dengan kami menyelamatkan Malaysia dari pemerintahan yang dipimpin Najib Razak,” demikian pernyataan tersebut.

Bulan lalu Kejaksaan Agung Malaysia menyatakan Najib tidak bersalah atas adanya penyetoran dana ke rekening pribadinya sebesar $681 juta, yang menurut Kejaksaan Agung berasal dari donasi kerajaan Saudi Arabia tahun 2013.

Menurut Kejaksaan Agung Najib telah mengembalikan $620 juta dari dana tersebut pada bulan Agustus 2013, atau lima bulan setelah menerima transfer.

Tuntutan tersebut dibacakan saat Najib kembali dari Saudi Arabia dalam kunjungan selama empat hari. Pada hari Selasa (1/3) ia bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, dimana ia menyebut hubungan kedua negara semakin kuat dari waktu ke waktu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL