Foto Merdeka

Foto Merdeka

Jakarta, LiputanIslam.com — Tanda-tanda perpecahan di Koalisi Merah Putih (KMP) semakin kentara. Meski partai di dalamnya pernah berikrar untuk bersatu dalam koalisi permanen, namun realitas politik menunjukkan hal sebaliknya. Satu persatu partai pengusung pasangan Prabowo-Hatta pada Pilpres lalu ini melakukan sejumlah manuver yang dianggap sebagai pertanda rapuhnya KMP. Berikut ini tanda-tandanya:

Pertama, dua partai KMP turut menghadiri Rakernas PDI Perjuangan di Semarang, pada 19-21 September 2014. PPP diwakili oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Emron Pangkapi dan Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy, sedangkan PAN diwakili oleh Taufik Kurniawan. (Baca: Seperti ini, Sinyal PPP Hendak Gabung Dengan Koalisi Jokowi-JK)

Kedua, pernyataan Presiden SBY dan Ketua DPP Partai Demokrat (PD) yang secara resmi menyatakan mendukung pilkada langsung. (Baca: Demokrat Dukung Pilkada Langsung, Peta Kekuatan DPR Berubah)

“PD hari ini secara tegas menyatakan bahwa posisi PD, yang menjadi pilihan PD adalah pilkada yang dilakukan langsung dengan catatan harus ada 10 perbaikan atau perubahan besar yang dimasukkan dalam RUU,” kata Ketua Harian PD Syarief Hasan.

Ketiga, diam-diam Ketua Koalisi Merah Putih yang juga Sekjen Golkar Idrus Marham bertemu Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo. Pertemuan itu dibenarkan oleh Tjahjo.

“Beberapa hari yang lalu saya ketemu dengan, Idrus Marham sebagai ketua Koalisi Merah putih DPR, untuk membangun komunikasi,” kata Tjahjo, di Jakarta, 10 September 2014, seperti dilansir Detikcom.

Menurutnya, PDIP telah membuka pintu untuk partai-partai Koalisi Merah Putih bergabung. Kini tinggal menunggu respons partai-partai tersebut.

Keempat,  Hatta Rajasa, Ketua Umum PAN dilaporkan telah mengadakan pertemuan dengan Jokowi di kediaman Surya Paloh, pada Senin 1 September 2014. Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella mengatakan pertemuan itu membahas kemungkinan merapatnya PAN, yang otomatis menambah partai pengusung Jokowi-JK. (ph)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL