lokasi germanwings jatuhParis, LiputanIslam.com — Penemuan mengejutkan didapatkan dari rekaman penerbangan pesawat Germanwings yang jatuh di Pegunungan Alpen hari Selasa lalu (24/3). Para penyidik menduga ko-pilot pesawat itu sengaja menjatuhkan pesawat itu saat pilotnya tidak berada di kursi kemudi.

Seperti dilaporkan BBC News Kamis (26/3) petang, penyidik kota Marseille Brice Robin, mengutip keterangan yang didapatkan dari ‘kotak hitam’ pesawat, ko-pilot berada sendirian di dalam ruang cockpit saat pesawat itu menabrak gunung.

Menurut Robin, ko-pilot dengan sengaja menurunkan ketinggian pesawat saat pilot berada di luar dan berusaha masuk kembali ke cockpit, namun gagal karena terkunci.

Petugas pengawas penerbangan telah mencoba menghubungi pesawat tersebut, namun tidak ada balasan. Para penumpang terdengar berteriak sebelum pesawat jatuh, keta Robin menambahkan.

Penyidik kini mengalihkan perhatian pada latar belakang ko-pilot Andreas Lubitz (27 tahun).

Sebelumnya Carsten Spohr, pimpinan Lufthansa, maskapai penerbangan Jerman yang memiliki Germanwings menyatakan bahwa Lubitz fit 100% untuk menjalankan pesawat terbang. Namun ia juga menyebutkan bahwa pelatihan penerbangan Lubitz dihentikan selama beberapa bulan pada tahun 2009, meski tidak disebutkan alasannya.

Sementara itu Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kepada wartawan bahwa musibah ini, terutama tindakan yang dilakukan ko-pilot, menjadikan tragedi tersebut sebagai ‘dimensi baru yang tidak difahami’.

Polisi dikabarkan telah mendatangi rumah ko-pilot di Montabaur, dekat Frankfurt, juga flat miliknya di Duesseldorf.

Pesawat Airbus 320 Germanwings lepas landas dari  Barcelona hari Selasa lalu menuju Duesseldorf, sebelum menabrak Pegunungan Alpen Perancis hingga menewaskan 144 penumpang dan 6 awaknya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*