paket pimpinan MPRJakarta, LiputanIslam.com — Setelah melalui voting tertutup hingga dini hari, akhirnya paket pimpinan MPR yang diusung Koalisi Merah Putih (KMP) keluar sebagai pemenang. (Baca: Kemenangan Beruntun KMP di Parlemen, Hashim Lega)

Dalam rapat yang digelar hingga pukul 04.22 WIB, Rabu (8/10/2014), penghitungan voting berjalan dengan ketat. Paket A yang diusung Koalisi Indonesia Hebat (KIH) terus kejar-kejaran dengan paket B yang diusung KMP. Namun di menit-menit akhir, suara paket B tak terkalahkan.

Awalnya, KIH menawarkan agar pemilihan pimpinan MPR dilakukan dengan musyawarah mufakat, dengan komposisi; Ketua MPR dari DPD, dua wakil ketua dari KIH, dan dua wakil ketua dari KMP. Namun usulan itu ditolak oleh KMP, yang telah menyiapkan paket pimpinan MPR dari partai koalisinya. (Baca: Ini Dia Empat Kemenangan KMP)

Lalu PPP, yang tidak mendapatkan jatah kursi dalam paket KMP, merasa kecewa dan di menit-menit terakhir berbalik arah bergabung dengan KIH. Dan Hanura, partai yang sejak awal menjadi pengusung Jokowi-JK, rela memberikan ‘bagiannya’ untuk PPP.

Akhirnya, ada dua paket pimpinan MPR, yaitu;

Paket A (PDIP, PKB, PPP, NasDem dan Hanura)
Ketua: Oesman Sapta‎
Wakil Ketua:
1. Ahmad Basarah
2. ‎Imam Nahrawi
3. Patrice Rio Capella
4. Hasrul Azwar

Paket B (Golkar, Gerindra, PKS, PAN dan PD)
Ketua: Zulkifli Hasan
Wakil Ketua:
1. ‎Mahyudin
2. EE Mangindaan
3. Hidayat Nur Wahid
4. Oesman Sapta

Hasil akhir, paket A mendapatkan 330 suara, dan paket B 347 suara. “Kami bacakan hasil pemilihan, paket A 330 suara, paket B 347 suara, 1 abstain,” kata pemimpin rapat Maimanah Umar dalam siaran langsung di Metro TV.

Dengan kemenangan di pemilihan pimpinan MPR, maka KMP sudah menang lima kali berturut-turut atas KIH. Sebagaimana diketahui, kemenangan KMP di parlemen dimulai sejak pengesahan Undang-undang MD3, pengesahan tata tertib DPR, pengesahan Undang-undang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada), dan pemilihan pimpinan DPR. (ph)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL