Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengatakan konsumsi ikan per kapita per September 2019 baru mencapai 5,049 kg per kapita. Angka tersebut masih belum mencapai target konsumsi ikan pada tahun ini sebesar 54 kg per kapita.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Agus Suherman menyampaikan, saat ini konsumsi ikan belum mencapai target. Dia berharap target konsumsi ikan yang masih kurang 3,51 kg per kapita bisa tercapai.

Baca: Indonesia Ekspor 20 Ribu Ton Komoditas Perikanan 

“Target makan ikan pada 2019 itu per kapitanya mencapai 54 kg, saat ini per Oktober baru 50,49 per kg. Semoga target ini bisa tercapai,” ujar Agus di Jakarta, Minggu (24/11).

Dia menuturkan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan melakukan pemberdayaan ikan kepada masyarakat. Menurutnya, masyarakat mengetahui pentingnya mengkonsumsi ikan. Untuk itu, sosialisasi ini dilakukan.

“Memang harga ikan kan relatif tidak mahal, dan bisa diakses di masyarakat baik ikan air tawar laut. Pasar ikan juga kita hadirkan di tengah kota termasuk di muara baru misalnya,” tuturnya.

Dia menyatakan, pemerintah akan terus mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, terutama pada anak kecil. Dalam hal ini, pemerintah telah bekerja sama dengan seluruh himpunan pendidikan anak di bawah umur di Indonesia.

“Paud kan anak usia dini, jadi diharapkan sejak usia dini mereka sudah mengenal dan sudah tahu tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan mereka, kecerdasan mereka, dan kekuatan mereka juga,” kata dia.

Dia mengungkapkan, untuk tahun depan, KKP menaikkan target konsumsi ikan sebanyak 56 kg per kapita.

“Untuk 2020 kita mengejar ke angka 56 kg per kapita,” ungkapnya. (sh/liputan6/cnnindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*