al quran terkunoBirmingham, LiputanIslam.com — Potongan-potongan Al Qur’an kuno yang diperkirakan merupakan kitab Al Qur’an tertua di dunia ditemukan di Universitas Birmingham, Inggris. Penelitian dengan menggunakan teknik Radiocarbon memperkirakan umur kitab tersebut mencapai 1.370 tahun.

Selama ini potongan-potongan kitab tersebut tidak dikenal selama seabad lebih di perpustakaan universitas. Ia berada di antara kumpulan manuskrip-manuskrip kuno lainnya dari Timur Tengah. Demikian BBC News melaporkan, Rabu (22/7).

Pakar perpustakaan Inggris dari The British Library, Dr Muhammad Isa Waley, menyebut penemuan itu sebagai sesuatu yang sangat menarik dan akan membuat umat Islam bergembira.

Ketika seorang peneliti doktor bermaksud meneliti potongan-potongan itu, diputuskan melakukan penelitian ‘radiocarbon’, dan hasilnya ‘sangat mengejutkan’. Demikian seperti dilaporkan BBC News.

Hasil tes Radiocarbon menunjukkan potongan kitab tersebut ditulis di atas kulit kambing. Dengan tingkat kemungkinan lebih dari 95%, kitab tersebut diperkirakan dibuat antara tahun 568 dan 645. Hal itu sesuai dengan perkiraan turunnya Al Qur’an antara tahun 610 hingga tahun 632, tahun meninggalnya Nabi Muhammad.

Prof David Thomas dari Universitas Birmingham memperkirakan penulis kitab tersebut adalah orang yang hidup sejaman dengan Nabi Muhammad.

“Orang yang telah menulis kitab ini kemungkinan besar mengenal Nabi Muhammad. Ia mungkin telah bertemu langsung dan kemungkinan mendengar langsung perkataan Nabi Muhammad,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL