Foto: Detik

Foto: Detik

Bandung, LiputanIslam.com — Rusdi Raisa, pebisnis yang mempolulerkan brand D’Russa, mampu menyulap uang Rp 50.000 menjadi Rp. 250 juta. Bagaimana caranya?

Ia memulai bisnis pada 2006 ketika duduk di tingkat awal kuliah di Universitas Islam Bandung. Ia berpikir untuk mencari uang tambahan sebagai uang jajan di kampus. Kemudian terbetiklah usaha aksesori dari kulit. Alasannya sederhana, karena dia memang penggemar aksesori dari kulit.

“Waktu itu modal awal saya Rp 50 ribu. Saya beli limbah kulit 2 kg seharga Rp 20 ribu. Sisanya yang Rp 30 ribu saya pergunakan untuk membeli lem dan perlengkapan produksi lainnya,” kenang Rusdi seperti dilansir Detikcom.

Kulit limbah tersebut, disulap Rusdi menjadi tempat ponsel. Dari 2 kg limbah kulit, dia berhasil membuat 70 tempat ponsel.

Ketika dibawa ke kampus, ternyata banyak teman-temannya yang menyukai produk buatan tangan Rusdi, yang dihargai sebesar Rp. 50.000 per buah. Banyaknya peminat, dompet Rusdi pun ludes.

Apa penyebab produknya diminati kendati cukup mahal?

“Produk buatan saya memang handmade dan ada nilai seninya. Itu yang membuat mahal,” kata Rusdi.

Foto: facebook

Foto: facebook

Dari modal Rp 50 ribu tersebut dia mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 2 juta. Sejak itulah Rusdi mulai mengembangkan bisnisnya, memproduksi jacket kulit yang dibanderol Rp.650.000 per buah.

Usahanya tambah maju saat menerima pesanan tas dari pelanggannya. Lalu, mulai tahun 2009 Rusdi memutuskan untuk fokus pada produksi tas. Ia bisa lebih banyak mengeksplorasi model tas dibanding dengan model jaket.

Saat ini Rusdi memiliki 23 karyawan dan separuhnya adalah tenaga produksi. Dengan jumlah karyawan tersebut Rusdi bisa memproduksi sekitar 250 tas, 500 dompet dan 50 sepatu dalam sebulan.

Produk tas dijual dengan kisaran harga Rp 650 ribu-Rp 4 juta, sepatu Rp 650 ribu-Rp 2,5 juta dan dompet Rp 250 ribu-Rp 650 ribu. Setiap bulannya Rusdi bisa meraup omzet kurang lebih Rp 250 juta.

Dari interaksi dengan pelanggan juga Rusdi terus meningkatkan layanan dengan perbaikan kualitas produk. Dengan produk yang semakin baik, D’Russa berani memberikan garansi dengan rentang masa 1-5 tahun. (ba/LiputanIslam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL