british-airways-airbus-a380Jakarta, LiputanIslam.com — Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani Peraturan Pemerintah no 39 Tahun 2014 mengenai ketentuan daftar bidang usaha yang tertutup dan terbuka dengan persyaratan di bidang penanaman modal (daftar negatif investasi/DNI).

Dalam aturan terebut, disebutkan bidang usaha sektor perhubungan terbuka untuk penanaman modal asing.

Berdasarkan informasi yang dirilis situs resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (7/5), beberapa usaha sektor angkutan laut yang terbuka untuk modal asing hingga 49 persen adalah angkutan laut dalam negeri, angkutan laut luar negeri, angkutan penyeberangan umum dan perintis (antar provinsi, antar kabupaten/kota), angkutan sungai dan danau kapal.

Sebelumnya pada hari Minggu (4/5), Sekretariat Kabinet juga mengumumkan bidang usaha pertanian yang terbuka untuk modal asing. Daftar usaha bidang pertanian yang terbuka dengan persyaratan, di antaranya usaha budidaya tanaman pangan pokok dengan luas lebih dari 25 hektare untuk jenis tanaman padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan tanaman pangan lainnya (ubi kayu dan ubi jalar) modal asing diperkenankan maksimal 49 persen, dengan rekomendasi dari Menteri Pertanan.

Selanjutnya, usaha industri perbenihan perkenunan dengan luas 25 hektare atau lebih untuk jenis tanaman jarak pagar, pemanis lainnya, tebu, tembakau, bahan baku tekstil, jambu mete, kelapa sawit, tanaman untuk bahan minuman (teh, kako, kopi), lada, cengkeh, minyak atsiri, tanaman obat/bahan farmasi, tanaman rempah, dan tanaman karet atau penghasil lainnya, penanaman modal asing diizinkan sampai maksimal 95 persen dengan rekomendasi Menteri Pertanian.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL