lenovoBeijing, LiputanIslam.com — Perusahaan berbasis teknologi asal Cina yang memproduksi smartphone dan laptop, Lenovo, menunjukkan kinerja yang mengejutkan para pengamat teknologi informasi dengan mencatat kenaikan keuntungan lebih dari 100%.

Sebagaimana dilansir Russia Today, Selasa (3/2), perusahaan ini berhasil meraih keuntungan bersih sebesar $253 juta atau lebih dari Rp 3 triliun selama kuartal terakhir tahun lalu. Angka ini jauh lebih tinggi dibanding perkiraan para pengamat bisnis yang memperkirakan keuntungannya hanya sekitar $200 juta.

Keuntungan sebesar itu diraih dari penjualan sebesar $14,1 miliar, yang juga lebih tinggi dari perkiraan para analis yang hanya sebesar $13,7 miliar.

Tahun lalu, demi meningkatkan produktifitas produk-produk non-laptop dan desktop seperti smartphone dan tablet, Lenovo membeli saham perusahaan pembuat handphone AS, Motorola, serta server milik IBM.

Saat itu menyusul disepakatinya kontrak pembelian senilai miliaran dollar itu, pimpinan Lenovo Yuanqing Yang mengatakan bahwa perusahaannya kini berada pada “garis awal dalam perlombaan baru”.

“Hasil ini menunjukkan bahwa kami membuat strategi yang tepat, kami membuat akuisisi yang tepat dan kami menjalankannya dengan baik secara global, maka saya percaya bahka kami akan menang,” kata Yang dalam sebuah pernyataan menyusul pengumuman kinerja perusahaannya itu.

“Bisnis utama kami di PC (desktop dan laptop) berhasil mempertahankan posisi sebagai pemimpin dan terus berhasil meningkatkan keuntungannnya. Sedangkan dua bisnis baru menunjukkan momentum besar dalam kuartal pertamanya. Mereka tidak bisa diragukan telah menjadi mesin pertumbuhan kami.”

Pengumuman kinerja tersebut memicu peningkatan harga saham perusahaan itu di bursa Hongkong hingga 8%.

Lenovo merupakan produsen personal computer (desktop dan laptop) terbesar di dunia di tengah-tengah pasar desktop yang tertekan oleh produk-produk IT seperti smartphone.

Perusahaan yang berbasis di Beijing ini mengatakan berhasil mencatat rekor penjualan hingga 20% pasar “personal computer” di dunia dengan nilai penjualan mencapai $9.15 miliar.

Namun divisi smartphone menunjukkan kinerja yang paling mengesankan dengan mencatat kenaikan penjualan sebesar 109% dengan nilai $3.39 miliar selama kuartal terakhir 2014.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL