Beijing, LiputanIslam.com–Pemerintah Korea Utara dan Cina telah mengkonfirmasikan bahwa Kim Jong-un melakukan pertemuan dengan Xi Jinping di Beijing baru-baru ini.

Media Cina dan Korut juga serentak melaporkan bahwa Rabu (28/3/18) bahwa Kim melakukan perjalanan pertamanya di luar negeri sejak ia menjabat pada tahun 2011.

Menurut surat kabar Cina, Xinhua, pertemuan tersebut merupakan bentuk persiapan Kim sebelum melakukan pertemuan besar dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, dan Presiden AS Donald Trump.

“Isu denuklirisasi Semenanjung Korea dapat diselesaikan, jika Korea Selatan dan AS merespon upaya kami dengan niat baik, menciptakan atmosfer damai dan stabilitas serta melakukan langkah progresif dan sinkronis atas realisasi perdamaian,” kata Kim.

Sebagai respon, Xi mengatakan kepada Kim bahwa negara mereka harus memperkuat persahabatan tradisional yang sudah berjalin lama.

“Ini adalah pilihan strategis dan satu-satunya pilihan baik yang dibuat kedua pihak berdasarkan sejarah dan realitas, struktur internasional dan regional, dan situasi general hubungan Cina- Korea Utara.  [Persahabatan] ini tidak boleh dan tidak akan berubah karena satu situasi dalam waktu tertentu,” kata Xi.

Menurut laporan KCNA, Kim juga mengundang Xi untuk berkunjung ke negaranya. Presiden Xi pun menerima tawaran itu dengan senang hati.

Kim Jong-un akan melakukan pertemuan terpisah dengan presiden Korsel Moon pada akhir April dan dengan Trump pada Mei mendatang. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL