Margaret-Chan-the-World-H-001Conakry, LiputanIslam.com — Organisasi kesehatan dunia WHO menyatakan penyebaran virus ebola terlalu cepat untuk dikontrol. Akibatnya terjadi “bencana” yang merenggut sejumlah besar nyawa manusia.

Demikian pernyataan Ketua WHO Margaret Chan, Jumat (1/8) di hadapan para pemimpin negara-negara Afrika barat dalam pertemuan tingkat tinggi membahas penanganan virus ebola, seperti dilaporkan BBC News.

Sampai saat ini virus mematikan tersebut telah menelan nyawa 729 orang di beberapa negara Afrika barat, Guinea, Liberia dan Sierra Leone, sejak mulai mewabah pada bulan Februari lalu.

Dalam pertemuan yang digelar di ibukota Guinea,  Conakry, tersebut Dr Chan berhasil menggalang dana penangangan wabah ebola senilai $ 100 juta. Di antara bentuk penanganan adalah pengerahan ratusan tenaga ahli kesehatan ke negara-negara terjangkit virus.

“Pertemuan ini harus menjadi awal dari titik balik penindakan terhadap wabah ini,” kata Dr Chan dalam pidatonya.

Menurut Dr Chan, wabah kali ini tidak saja menyerang wilayah pedesaan yang sulit dijangkau, juga di kawasan perkotaan yang padat penduduknya. Ia menyebut wabah kali ini sebagai “terbesar dan terburuk dalam hal wilayah geografi”.

Selain itu wabah virus ebola juga telah menjangkiti sejumlah besar petugas kesehatan yang memegang peran vital dalam menangani wabah tersebut.

“Hingga saat ini sebanyak 60 pekerja kesehatan telah meninggal dalam perjuangan menolong sesama. Beberapa staff internasional telah terinfeksi. Hal ini secara signifikan mengurangi kemampuan menangani wabah ini,” tambahnya.

Sementara itu pemerintah Liberia menyatakan hari Jumat (1/8) sebagai hari libur nasional demi memungkinkan dilakukannya tindakan sanitasi massal terhadap semua fasilitas publik.

Di sisi lain sebanyak 30 tim atlit asal Sierra Leone yang tengah bertanding dalam Commonwealth Games di Glasgow, Skotlandia, memutuskan tinggal lebih lama di Skotlandia karena khawatir terjangkit virus ebola di negerinya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL