taiwan cinaTaipei, LiputanIslam.com — Ketua Partai Kuomintang (KMT) yang merupakan partai penguasa di Cina, akan berkunjung ke Cina guna bertemu Presiden Cina Xi Jinping bulan depan. Ini akan menjadi kunjungan pertama pemimpin KMT sejak tahun 2008.

“Rencana pertemuan kedua pemimpin partai ini tengah dirancang,” kata Eric Chu, Ketua KMT sekaligus walikota New Taipei City, pada hari Minggu (12/4), seperti dilansir BBC News.

President Xi sendiri adalah ketua Partai Komunis Cina. Kedua partai ini terlibat perang saudara di Cina paska pendudukan tentara Jepang tahun 1940-an, sebelum KMT melarikan diri ke Taiwan dan mendirikan negara terpisah.

Eric Chu menduduki jabatan ketua Partai KMT setelah mengalahkan President Taiwan Ma Ying-jeou dalam pemilihan bulan Januari lalu.

Eric menambahkan bahwa detil dari pertemuan tersebut masih belum selesai dibahas, namun menurut media lokal, Eric Chu akan terbang ke Shanghai pada 2 Mei dan akan berpidato di hadapan sebuah pertemuan, juga berpidato di hadapan mahasiswa.

Kunjungan pertama Ketua KMT ke Cina dilakukan oleh Lien Chan pada tahun 2005, atau setelah 56 kedua partai tersebut terlibat perang. Sedangkan Presiden Ma yang mengetuai KMT antara tahun 2009 hingga 2014, tidak pernah mengunjungi Cina.

Pada bulan Juni 2010 lalu kedua negara menandatangani ‘The Economic Cooperation Framework Agreement’ (ECFA), yang menjadi terobosan besar bagi hubungan kedua negara.

Pada bulan Maret 2014, sekitar 200 mahasiswa menentang pakta kerjasama ekonomi Cina-Taiwan yang kontroversial dan menduduki gedung parlemen selama lebih dari 3 minggu. Sementara ribuan mahasiswa dan pekerja berdemonstrasi di jalanan menentang perjanjian ‘Cross-Strait Service Trade Agreement (CSSTA) antara kedua negara.

Dalam jajak pendapat yang digelar bulan November lalu popularitas KMT mengalami kemerosotan karena kedetakan hubungan dengan Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL