Zulkifli HasanJakarta, LiputanIslam.com–Ketua MPR Zulkifli Hasan menepis berita yang beredar tentang rencana penjegalan acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih. Zulkifli pun meyakinkan bahwa tak akan ada agenda seperti itu.

“Itu pikiran aneh saja, saya kira kita harus utamakan persatuan kesatuan. Apalagi lembaga MPR perekat perbedaan, yang penting kita sukseskan agar pembangunan sukses, pemerintahan sukses dari pusat sampai daerah. Tidak ada niatan yang tadi itu,” kata Zulkifli, seperti dikutip Detik.com, Rabu (8/10/2014).

Mantan Menteri Kehutanan itu menyatakan siap menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Agenda terdekat kita tanggal 20 mendatang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, harus betul-betul kita sukseskan karena jadi tonggak keberhasilan demokrasi kita,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Aria Bima, mengungkapkan pihaknya telah mengantisipasi langkah-langkah yang akan diambil oleh Koalisi Merah Putih (KMP) untuk menjegal pemerintahan Jokowi-JK.

“Jadi ada banyak hal (upaya penjegalan), misalnya melalui APBN-P, kemudian kekurangan kuota BBM yang tahun 2014, dari kebutuhan 46 juta ton di tahun 2014 itu kan kurang. Macam-macam lah,” ujar Aria, seperti dikutip Tribunnews, Sabtu (27/9/2014).

Aria menjelaskan, langkah lain yang mungkin dilakukan oleh Koalisi Merah Putih yaitu mengganggu jalannya pelantikan Jokowi-JK.

“Tapi saya tidak su-udzon, meski prediksi kejadian-kejadian ke arah sini,” ucap Aria.

Relawan Antisipasi Penjegalan

Kekhawatiran penjegalan pelantikan Joko Widodo – Jusuf Kalla memunculkan gerakan para relawan pendukung Jokowi. Mereka menggalang  partisipasi masyarakat melalui media sosial dengan tanda pagar #Geruduk. Tujuannya adalah mengundang relawan untuk ‘menemani’ Jokowi di hari pelantikan.

#Geruduk merupakan akronim dari Gerakan Rakyat Dua Puluh Oktober. Dalam salah satu poster yang diunggah ke Twitter mereka menulis, “20 Oktober 2014 You Will Never Walk Alone”. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL