junckerBrussels, LiputanIslam.com — Ketua Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker mengecam sikap Perdana Menteri Inggris dan Italia dalam pertemuan Komisi Eropa bulan lalu. Ia merujuk pada kritikan yang disampaikan kedua pemimpin itu terhadap Uni Eropa. BBC News melaporkan, Selasa (4/11) petang.

Dalam pertemuan itu PM Inggris David Cameron menyatakan penolakannya untuk membayar “uang iuran” bagi Uni Eropa senilai 2,1 miliar euro. Sementara PM Italia Matteo Renzi mengkritik Uni Eropa sebagai “terlalu birokratis” yang mengakibatkan pemborosan. Ia bahkan mengancam akan mengumumkan pemborosan yang dilakukan organisasi itu.

Selain Italia dan Inggris, Belanda juga mendapatkan tambahan tagihan iuran karena dianggap telah mengalami perbaikan perekonomian. Namun Perancis dan Jerman justru mendapatkan diskon.

Juncker membantah tuduhan-tuduhan pemborosan dan birokratis tersebut dan menyebutnya sebagai kritikan yang tidak berdasar.

“Saya tidak suka cara beberapa perdana menteri setelah pertemuan itu,” kata mantan Perdana Menteri Luxemburg, Selasa (4/11).

“Saya harus mengatakan kepada teman baik saya Matteo Renzi, bahwa saya bukan pemimpin dari sekelompok birokrat jahat. Saya Presiden Komisi Eropa yang merupakan organisasi politik.”

Berbicara di hadapan sidang Parlemen Eropa, Juncker mengatakan bahwa KTT Uni Eropa diselenggarakan untuk menyelesaikan masalah, bukannya untuk memperbesar diri sebagaimana tuduhan Renzi.

Ia juga mengkritik cara David Cameron menyampaikan keberatannya atas iuran yang dikenakan terhadap Inggris sebagai tindakan yang “tidak benar”. Cameron menyatakan tidak akan membayarkan tagihan yang dikeluarkan Uni Eropa hingga batas waktu tanggal 1 Desember mendatang.

David Cameron, bulan lalu mengatakan bahwa tagihan itu “sama sekali tidak bisa diterima”.

Perselisihan angara Cameron dengan Uni Eropa muncul di tengah munculnya sentimen anti-Uni Eropa yang diwakili oleh munculnya Partai Independen yang semakin populer menjelang pemilu tahun 2015 mendatang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL