blatter platiniGenewa, LiputanIslam.com — Otoritas penyidikan Swiss mengatakan tengah menyidiki dugaan tindakan kriminal oleh Ketua FIFA. Ia telah diperiksa di markas besar FIFA di Genewa.

Kantor kejaksaan Swiss menyatakan Blatter diduga telah menandatangani sebuah kontrak yang merugikan Fifa dan membuat pembayaran yang tidak patut kepada ketua Asosiasi Sepakbola  Eropa Michel Platini. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Jumat (25/9).

Blatter (79 tahun) yang telah memimpin Fifa sejak tahun 1998, membantah tuduhan tersebut. Meski demikian Fifa menyatakan akan bekerjasama dengan penyidik.

“Penyidikan tindak kriminal terhadap President Fifa, Joseph Blatter, telah dibuka, atas dugaan kejahatan menejemen dan atau tindakan tidak patut,” kata jubir kejaksaan Swiss dalam pernyataan yang dirilis kemarin.

Disebutkan dalam pernyataan itu Blatter diduga telah menandatangani kontrak dengan bekas pemilik klub sepakbola Karibia Jack Warner tahun 2005 yang dianggap merugikan Fifa.

Selama ini Fifa memiliki hak siar atas penyelenggaraan Piala Dunia. Fifa menjual hak siar itu kepada federasi-federasi sepakbola kawasan yang selanjutnya menjual haknya kepada stasiun-stasiun televisi.

Pengacara Blatter, Richard Cullen, menyatakan keyakinannya bahwa klainnya tidak beralah.

Penyidik Swiss juga menduga Blatter telah melakukan pembayaran yang tidak patut kepada Platini sebesar $2 juta pada tahun 2011.

Blatter telah mengumumkan akan mengundurkan diri tahun depan dan Platini disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganatinya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL