russia troopsMoskow, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan Rusia di wilayah tengah untuk berada dalam kondisi siaga penuh untuk melakukan latihan militer besar-besaran.

Demikian pernyataan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Sabtu (21/6), sebagaimana dikutip Press TV.

Menurut Shoigu, latihan militer yang akan dilakukan meliputi wilayah sekitar Sungai Volga dan Pegunungan Ural. Latihan akan berlangsung selama seminggu, dimulai hari ini (21/6).

“Sehubungan dengan perintah Presiden Putin, pasukan di distrik militer tengah serta unit-unit militer yang bertempat di wilayah ini berada di kondisi siaga penuh,” kata Shoigu.

Sementara itu Kastaf Gabungan Rusia Valery Gerasimov mengatakan latihan militer itu akan diikuti oleh 65.000 pasukan, 180 pesawat tempur, 60 helikopter dan 5.500 perlengkapan militer lain.

Perintah Putin ini hanya sehari setelah terjadi serangan terhadap pos perbatasan Rusia di Novoshakhtinsk, Provinsi Rostov, oleh militer Ukraina. Seorang pegawai bea cukai Rusia terluka akibat serangan itu.

Rusia telah mengajukan tuntutan penjelasan terhadap Ukraina atas insiden tersebut.

Jubir kepresidenan Dmitry Peskov juga menyebutkan bahwa Rusia telah meningkatkan pasukannya di perbatasan menyusul serangan tersebut.

Pada tanggal 5 Juni sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-27 Ukraina menerobos sejauh 1,5 km ke dalam wilayah Rusia di wilayah Kuibyshevo.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL