pemiluJakarta, LiputanIslam.com — Ketatnya hasil penghitungan cepat lembaga-lembaga survei pada pilpres Indonesia yang digelar hari ini (9/7) menjadi perhatian media-media asing. Setidaknya 3 media global terkenal melaporkan tentang hal ini, hari ini (9/8).

Situs resmi kantor berita BBC Inggris misalnya menuliskan laporan berjudul “Indonesia vote: Both Widodo and Subianto claim victory“, Reuters Inggris menulis “Both candidates in Indonesia election claim victory; Jokowi ahead in more counts“, dan CNN AS menulis “Indonesia’s close presidential race down to voting day“.

Dalam “lead”nya, BBC menulis, “Kedua kandidat dalam pilpres Indonesia telah mengklaim kemenangan berdasarkan hasil-hasil penghitungan tidak resmi.”

BBC pun memaparkan tentang klaim kemenangan capres Joko Widodo, beberapa saat setelah proses pemungutan suara dihentikan, yang disusul oleh klaim serupa dari kubu capres Prabowo Subianto.

“Satu jam kemudian, mantan jendral militer Prabowo Subianto mengatakan bahwa ia telah menerima dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia,” tulis BBC.

Dengan mengutip kantor berita Reuters, BBC pun melaporkan hasil penghitungan cepat beberapa lembaga survei yang memenangkan Jokowi, lembaga-lembaga mana menurut laporan tersebut disebut sebagai lembaga yang kredibel, diantaranya CSIS dengan suara 52% melawan 48% untuk Jokowi, serta SMRC dengan perbandingan 52.76% melawan 47.24% untuk Jokowi.

Namun Reuters dan BBC juga melaporkan beberapa lembaga survei yang memenangkan Prabowo daripada Jokowi.

“Ini adalah pemilu Indonesia yang paling ketat yang pernah terjadi, dan pendukung masing-masing kandidat merasa jagoan merekalah yang seharusnya menang,” tulis BBC.

“Dengan kedua pihak saling merayakan kemenangan, Indonesia menghadapi ketidak pastian sebelum hasil resmi diumumkan dalam 2 minggu mendatang, dan sampai saat itu negeri ini akan berada dalam suasana ketidakpastian pada saat suara dihitung,” tulis BBC lagi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL