bank-centuryJakarta, LiputanIslam.com — Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah mengatakan penanganan Bank Century lebih murah ditutup ketimbang diselamatkan. Menurut dia, soal itu telah disinggung dalam diskusi antara komisioner Lembaga Penjamin Simpanan Firdaus Jaelani saat rapat dengan Bank Indonesia.

“Apabila diselamatkan, diperlukan Rp 15,362 triliun. Apabila tidak diselamatkan (ditutup) diperlukan Rp 195,354 miliar,” kata Halim ketika bersaksi untuk bekas Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (14/4).

Menanggapi pernyataan tersebut, menurut Halim, Boediono selaku Gubernur BI mengatakan Firdaus hanya menganalisa dari sisi mikronya saja, bukan dari sisi makro.

“Memang pada waktu itu ada diskusi, bahwa Bank Century tidak boleh dilihat secara mikro. Jangan dilihat penutupan ini dilihat dari Bank Century semata,” ujarnya. Pasalnya, saat itu kondisi perekonomian sedang mengalami krisis yang disebabkan macetnya kredit Lehman Brother di Amerika dan menular ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Akhirnya, BI dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan yang diketuai Sri Mulyani menetapkan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Kemudian meminta Lembaga Penjamin Simpanan untuk memberikan penyertaan modal sementara dengan besaran Rp 632 miliar dan bisa bertambah sesuai dengan perkembangan kondisi.

Bank Century yang kini berubah menjadi Bank Mutiara itu diberi dana talangan hingga Rp 6,7 triliun. “Pada akhir Desember 2013 ditambah lagi Rp 1,2 triliun,” ujar Halim.

Sebelumnya, bank sentral juga sudah menggelontorkan fasilitas pinjaman jangka pendek ke Bank Century sebesar Rp 689 miliar pada pertengahan November 2008. Padahal, saat itu Bank Century tidak memenuhi persyaratan pemberian FPJP sebagaimana diatur dalam PBI 10/26. Namun, para Dewan Gubernur BI mengubah PBI 10/26 menjadi PBI 10/30. Dalam PBI baru itu, mengubah beberapa syarat menerima FPJP dari CAR 8 persen yang hanya menjadi CAR Positif.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL