Bendera Prancis

Bendera Prancis

LiputaIslam.com — Enam orang perwira polisi Prancis terluka dalam bentrokan dengan pengunjuk rasa yang menentang rencana pembangunan sebuah bandara internasional yang akan dibangun di kota barat Nantes. Puluhan ribu orang berkumpul di alun-alun kota pada hari Sabtu (22/2) untuk mengekspresikan sikap penentangan mereka seperti yang dikabarkan Press TV.

Polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan kerumunan masa yang mulai bertindak anarkis dengan melemparkan batu.

Sementara itu, pemerhati lingkungan juga turut menggelar aksi protes dengan  menghancurkan jendela toko dan menyerang kantor kontraktor bandara.

Para pejabat mengatakan setidaknya empat demonstran ditangkap. Baik petani, masyarakat lokal dan dari kelompok green politicians berpendapat bahwa  proyek bandara baru akan merusak lingkungan dan merupakan pemborosan uang publik di tengah kondisi negara yang sedang mengalami krisis ekonomi.

Protes itu terjadi dua bulan setelah para pejabat setempat memberikan lampu hijau untuk memulai proyek dengan dana awal 800 juta dollar, yang pembangunannya akan dimulai akhir tahun ini dan direncanakan akan selesai pada tahun 2017.

Prancis sedang berjuang dengan krisis ekonomi yang memburuk. Perekonomian mengalami dua kali resesi dalam beberapa tahun terakhir sementara pertumbuhan ekonomi hanya  0,2 persen pada tahun 2013.

Kebijakan ekonomi pemerintah telah membuat marah warga Perancis dan menurut jajak pendapat yang diterbitkan pada bulan November oleh IFOP, lembaga polling terkemuka di Perancis, hasil survey  menunjukkan 91 persen orang Perancis menginginkan pemerintah mengubah kebijakannya.

Prancis merupakan salah satu negara yang mendukung para pemberontak di Suriah, negara yang pernah menjadi jajahannya. Bendera FSA, salah satu kubu  pemberontak Suriah berwarna hijau, putih, hitam dengan tiga bintang merah seperti bendera Suriah saat masih berada dalam mandat Prancis. Mungkinkah dukungan Prancis terhadap kubu pemberontak memiliki kaitan dengan krisis ekonomi di negaranya? (LiputanIslam.com/AF)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL