kereta api indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Satu rangkaian kereta api penumpang di India mengalami kecelakaan keluar dari relnya. Setidaknya 30 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam musibah itu.

Mengutip keterangan pejabat perkereta-apian India, BBC News melaporkan, Jumat (20/3), lokomotif dan 2 gerbong kereta api ‘Janta Express’ yang melayani rute Dehradun dan Varanasi, keluar dari relnya di dekat desa Bachhrawan, negara bagian Uttar Pradesh.

Penduduk desa, polisi dan petugas kereta api mencoba memberikan pertolongan terhadap para penumpang yang terjebak dalam gerbong-gerbong kereta api. Setidaknya satu gerbong di antaranya mengalami kehancuran.

Menteri Muda Perkereta-apian negara bagian Uttar Pradesh Manoj Sinha mengatakan bahwa penyelidikan kini tengah dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan dan penanggungjawabnya.

India merupakan salah satu negara pemilik jaringan kereta api terbesar di dunia yang melayani 12.000 kereta api penumpang dengan membawa 23 penumpang setiap harinya.

Namun, pemeliharaan yang kurang memicu banyaknya kecelakaan yng menewaskan ratusan orang dalam beberapa tahun terakhir.

Bulan lalu 11 orang tewas setelah 3 gerbong kereta api penumpang Bangalore-Ernakulam Intercity Express keluar dari rel di negara bagian Karnataka.

Dalam rencana belanja perkereta-apian yang diumumkan bulan lalu, pemerintah India menganggarkan $137 miliar untuk mengganti jalur-jalur kereta api yang sudah tua selama 5 tahun ke-depan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*