Foto: RT

Foto: RT

Riyadh, LiputanIslam.com – Arab Saudi telah mengerahkan 30.000 tentara ke area perbatasan dengan Irak sejauh 800 km, sebagai reaksi atas dugaan ditariknya penjaga perbatasan Irak untuk bertempur dengan kelompok Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun, pihak Baghdad sendiri membantah telah menarik pasukan dari perbatasan.

Pasukan Arab Saudi ini bertujuan untuk menjaga keamanan daerah perbatasan dengan Irak, Negeri Seribu Satu Malam yang tenga dilanda krisis berkepanjangan akibat aksi terorisme dari kelompok militan radikal.

Al-Jazeera English, melaporkan bahwa Raja Abdullah telah memerintahkan untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kerajaan terhadap ancaman teroris.

Sebelumnya, saluran berita Al-Arabiya merilis video, yang menunjukkan Tentara Irak  sedang berkata bahwa pemerintah [Irak] memerintahkan mereka untuk mundur dari posisi semula sepanjang perbatasan dengan Suriah di area Barat, dan Arab Saudi di bagian selatan, kendatipun ada bahaya yang tengah  mengancam.

“Kami tidak tahu mengapa [ditarik dari perbatasan- red],” kata seorang perwira dalam video, seperti dilansir Russia Today (RT), 3 Juli 2014.

Laporan itu tidak menjelaskan apakah dugaan penarikan pasukan meliputi perbatasan Irak dengan Yordania dan Kuwait, dan juga perbatasan dengan Turki di bagian utara.

Menurut RT, keaslian video tidak dapat diverifikasi. Hanya saja,  laporan penarikan itu ditolak oleh juru bicara pemerintah Irak.

“Ini adalah berita palsu yang bertujuan untuk mempengaruhi moral bangsa dan semangat pejuang pahlawan kami,”  ujar juru bicara pemerintah Irak, Letnan Jenderal Qassim Atta, kepada wartawan di Baghdad. Dia menambahkan bahwa daerah perbatasan sepenuhnya dalam genggaman pasukan Irak.

Keberadaan kelompok ISIS menjadi momok manakutkan di  kawasan Timur Tengah, termasuk Yordania, apalagi setelah ISIS mengancam akan melenyapkan Raja Abdullah yang dianggapnya sebagai musuh Islam. Dan kini, apakah giliran Arab Saudi merasakan ketakutan yang sama , sebagaimana halnya dengan Yordania? (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL