bandar bin sultanRiyadh, LiputanIslam.com — Kepala Badan Intelijen Arab Saudi Pangeran Bandar bin Sultan dilaporkan mundur dari jabatannya. Pengunduran itu tertuang dalam sebuah dekrit kerajaan, disebut sebagai permintaan pribadi Bandar.

Sebagaimana dikutip Al Jazeera, Rabu (16/4), posisi Kepala Badan Intelijen Arab kemudian digantikan oleh wakil Bandar, yakni Yousef al-Idrissi. Bandar, yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika itu dianggap sebagai salah satu politikus paling berpengaruh di Timur Tengah.

Dilaporkan juga pengunduran ini diduga berhubungan dengan kondisi kesehatannya. Ia diketahui telah pergi ke Amerika selama beberapa bulan karena alasan kesehatan. Namun tidak ada informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Saat ini tanggung jawabnya dalam mendukung pemberontak memerangi pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad diserahkan ke Menteri Dalam Negeri Pangeran Mohammed bin Nayef.

Laporan Sebelumnya
Pengunduran diri tersebut berkebalikan dengan laporan-laporan sebelumnya yang menyebutkan Pangeran Bandar kembali memimpin dinas inteligen Saudi sepulang dari luar negeri.

Sebagaimana dilaporkan media Saudi Al Arabiya dan situs berita Lebanon, NOW tanggal 25 Maret lalu, dengan mengutip keterangan pejabat inteligen Saudi, disebut-sebut Bandar bin Sultan bakal kembali menjabat sebagai kepala inteligen Saudi setelah beristirahat di luar negeri.

“Ini, tidak bisa dipungkiri lagi menjadi berita buruk bagi Tehran, Damaskus dan Hezbollah, khususnya terhadap media-media anti-Saudi yang menyebarkan informasi palsu tentang pemecatan Pangeran Bandar,” kata sumber tersebut.

Laporan tersebut juga menyebutkan, Pangeran Bandar menjalani pemulihan kesehatan di Marrakesh, Maroko, dimana ia sempat bertemu dengan mantan perdana menteri Lebanon Saad Hariri dan putra mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammad bin Zayed.

“Pangeran Bandar akan berada di Riyadh dalam seminggu mendatang. Ia akan kembali bekerja menangani tugas-tugas penting yang diberikan kepadanya oleh Raja Abdullah sejak bulan Juli 2012,” tulis laporan tersebut.(ca/tempo.co/alarabiya.net)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*