LiputanIslam.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng sejumlah restoran khas Asia di luar negeri untuk dapat bekerja sama menyajikan menu khas Indonesia sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air. Ini adalah strategi khusus dari Kemenpar untuk mempromosikan kuliner dan wisata Indonesia di kancah internasional.

“Jadi kita ‘memancing’ di restoran mancanegara yang menyajikan masakan dari negara Asia. Caranya, memberikan menu khas Indonesia untuk memikat lidah. Lewat pengenalan ini, kita harapkan wisatawan akan mendapatkan kesan,” kata Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar Vita Datau dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (14/7).

“Ini adalah sebuah cara diplomasi kuliner dalam memperkenalkan destinasi wisata Indonesia. Sebuah cara yang cerdas dan cepat. Kita ambil menu dari restoran budaya Asia lainnya dengan menu khas Indonesia,” tambahnya.

Kemenpar bersama Wonderful Indonesia mengundang juru masak dari tiga restoran Asia terkemuka di London, yaitu Sticky Mango, Shan Shui dan Rasa Sayang untuk mengikuti serangkaian kegiatan di Bali dari mulai 10 – 18 Juli 2019. Adapun kegiatan mereka adalah jelajah makanan, kelas memasak, menjelajahi padar tradisional, hingga cultural dining immersion.

Baca juga: Karhutla Akibatkan Kabut Asap di Pekanbaru

Semua kegiatan ini membantu para juru masak untuk dapat mengenali esensi dari masakan Indonesia serta membantu mereka untuk dapat menciptakan resep masakan Indonesia di negara mereka.

Ketika kembali ke negaranya, para juru masak di ketiga restoran ini harus memasukan menu Indonesia ke dalam menu mereka. Serta menjadikan masakan Indonesia sebagai fokus menu promosi di restoran mereka. Dengan kata lain menjadi mitra Indonesia untuk mempromosikan wisata kuliner. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*