LiputanIslam.com – Sabtu (20/4) kemarin, proses entry data ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU RI sempat terhenti sekitar pukul 13.13 WIB. Bahkan dalam sistem entry data pun tertulis proses unggah formulir C1 untuk sementara dihentikan.

Mengetahui hal ini, ketua KPU DKI, Betty Epsilon Idroos menyatakan bahwa ada masalah pada server pengiriman data. Menurutnya, servernya mudah down karena mungkin seluruh Indonesia sedang mengakses.

“Server-nya kadang mudah down karena mungkin semua (KPU) di Indonesia mengakses satu alamat website,” jelas Betty di Hotel Merlynn Park Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Betty pun telah berkoordinasi dengan pihak KPU pusat, katanya KPU pusat sedang melakukan refreshment server, sehingga entry data dihentikan sementara. Entry data baru bisa dimulai lagi pada pukul 14.00 WIB.

Untuk mengatasi kendala yang terjadi tidak hanya sekali tersebut, Betty menyuruh petugas lain untuk menyimpan seluruh data ke laptop terlebih dahulu, baru kemudian memasukkannya jika server sudah pulih.

“Kalau server sudah oke, mereka langsung kirim,” ujarnya.

Betty menargetkan bahwa scan entry data KPU DKI akan selesai pada lusa depan, sedangkan untuk tingkat provinsi ditargetkan selesai pada 12 Mei 2019. (Ayu/Tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*