MH370-familyKuala Lumpur, LiputanIslam.com — Para anggota keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 berkewarganegaraan Cina terus mempertanyakan komitmen pemerintah Malaysia dan maskapai penerbangan itu. Sampai-sampai mereka membuat daftar pertanyaan yang didesak untuk dijawab oleh pemerintah Malaysia.

Ada 26 pertanyaan yang mereka sampaikan. Pertanyaan itu berfokus pada masalah teknis seperti peralatan pencari kotak hitam (emergency locator transmitters) dan kotak hitam itu sendiri. Seperti dilansir oleh CNN, Rabu (16/4), para keluarga penumpang MH370 mempertanyakan lebih detil tentang bagaimana alat-alat ini bekerja mencari pesawat dan seluruh penumpang dan teknologi khusus yang dimiliki pesawat MH370 yang hilang pada tanggal 8 Maret lalu.

“Apa yang dilakukan maskapai Malaysia Airlines ketika pesawat itu hilang?” Ini adalah satu dari tujuh pertanyaan utama yang mereka ajukan di daftar pertanyaan.  Mereka juga menuntut untuk mendapatkan akses informasi termasuk meminta Malaysia menjelaskan apa saja hak mereka sebagai keluarga penumpang untuk mengetahui insiden ini secara rinci.

Tak hanya informasi, mereka juga menuntut bukti-bukti disampaikan kepada keluarga penumpang MH370 seperti log book pesawat dan rekaman pembicaraan air traffic control dengan pilot pesawat.

Daftar pertanyaan itu pun diunggah di situs sosial media Cina, Weibo. Namun belum ada tanggapan dari pihak Malaysia. Bahkan para keluarga penumpang kembali mengamuk karena dijanjikan bertemu dengan para pejabat Malaysia via konferensi video, Rabu (16/4) di Beijing, Cina, dan dibatalkan begitu saja.

“Kami akan meminta tim ahli mereka untuk datang ke Beijing bertemu kami secara langsung dan menuntut komitmen mereka,” kata Jing Hui, juru bicara pihak keluarga. Mereka terus mempertanyakan tentang ketidakjelasan nasib penumpang yang sebagian besar warga Cina.

“Apa itu kebenaran? Apa masalah yang mereka hendak tutup-tutupi?”(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*