pakistan_talibanIslamabad, LiputanIslam.com — Perpecahan besar terjadi dalam kelompok Taliban Pakistan setelah faksi Mehsud memisahkan diri setelah menuduh taktik yang dilakukan Taliban Pakistan tidak Islami.

Ini adalah perpecahan terbesar pertama kelompok ini sejak didirikan tahun 2007. Para analis meyakini perpecahan ini akan mendorong terjadinya perdamaian dengan pemerintah. Puluhan ribu orang telah tewas setelah kelompok Taliban mengangkat senjata menentang pemerintah.

Sebagaimana laporan BBC, Sabtu (31/5), perpecahan ini terjadi setelah terjadinya pertempuran sengit selama sebulan terakhir dengan pasukan pemerintah dimana puluhan anggota Taliban tewas. Setelah perpecahan ini, faksi Mehsud yang merupakan kekuatan utama Taliban Pakistan, membentuk kelompok baru bernama Tehrik Taliban Waziristan Selatan.

Menurut penuturan jubir kelompok baru ini, Azam Tariq Mehsud, kepada wartawan, keputusan memisahkan diri dibuat setelah upaya mereka untuk mencegah Taliban Pakistan melakukan langkah-langkah yang tidak Islami, mengalami kegagalan.

“Kami menganggap pemboman tempat-tempat umum, pemerasan dan penculikan-penculikan sebagai tindakan yang tidak Islami, dan karena Taliban terus-menerus melakukan hal itu maka kami memutuskan untuk tidak lagi berbagi tanggungjawab dengan mereka,” katanya.

Perbedaan antara faksi Mehsud dengan para pemimpin Taliban lainnya muncul setelah tewasnya pendiri Taliban Pakistan Baitullah Mehsud, tewas dalam serangan drone Amerika tahun 2009, disusul kemudian dengan tewasnya penggantinya, Hakimullah Mehsud, oleh serangan drone tahun 2013.

Setelah tewasnya Hakimullah Mehsud, kepemimpinan Taliban Pakistan berpindah ke tokoh yang bukan berasal dari faksi Mehsud, yaitu Mullah Fazlullah. Sejak itulah perpecahan semakin kuat.

Pemerintah Pakistan telah memulai upaya pembicaraan dengan Taliban bulan Maret lalu, namun menghentikannya setelah terjadi serangan-serangan mematikan Taliban terhadap militer Pakistan.

Wartawan BBC di lapangan, Shahzeb Jillani melaporkan bahwa saat ini kelompok-kelompok Taliban “saling mengarahkan senapan” satu sama lain. Sementara banyak analis memperkirakan perpecahan ini membuat Taliban semakin lemah dan akan menerima perdamaian dengan pemerintah.

Perpecahan ini diyakini akan mendorong Taliban untuk mengalihkan perhatiannya kepada faksi Swat dan faksi Mohmand yang berasal dari kawasan timur laut Afghanistan. Dengan kata lain Taliban Pakistan akan memindahkan operasinya ke Afghanistan.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL