Washington, LiputanIslam.com—Kelompok sayap kanan atau supremasi kulit putih kini mulai merekrut anggota baru di kampus-kampus AS dengan menyebarkan propaganda rasis. Demikian laporan dari badan Anti-Defamation League pada Kamis (1/2/18).

Menurut badan ini, terdapat setidaknya 200 kampus yang ditargetkan kelompok ini dengan menyebarkan surat selebaran, stiker, poster, dan spanduk propaganda.

Intensitas penyebaran propaganda terlihat terus meningkat dari tahun ke tahun. Contohnya pada tahun 2016, hanya ada 41 kasus, lalu meningkat hingga tiga kali lipat pada tahun setelahnya, hingga mencapai 147 kasus.

“Supremasi kulit putih melihat anak muda sebagai target utama perekrutan mereka…,” kata direktur Pusat Ekstrimisme ADL, Oren Segal.

Menurut data, kelompok ini telah menargetkan kampus-kampus di 44 negara begian dan Washington DC, di mana target terbanyak adalah kampus di Texas dan California.

Lebih dari setengah kasus penyebaran propaganda dilakukan oleh kelompok Identity Evropa, sebuah kelompok sayap kanan yang bertujuan mempertahankan “budaya putih Amerika” dan mempromosikan identitas kulit putih Eropa.

Pemimpin kelompok itu, Nathan Damigo, adalah seorang veteran perang Irak. Pada tahun 2016 ia mengatakan kepada CNN bahwa dia telah bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa di 40 kampus untuk merekrut mereka.

“Sebelum 1965, Amerika adalah negara kulit putih, sebuah negara untuk orang-orang Eropa,” kata Damigo.

“Apa yang terjadi sekarang adalah kita digantikan di negara sendiri,” imbuhnya. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*