bank rusiaKiev, LiputanIslam.com — Sekelompok pengikut gerakan nasionalis radikal Ukraina melakukan penyerangan terhadap sebuah bank milik Rusia, Sberbank, di ibukota Kiev, Sabtu (21/6).

“Orang-orang tak dikenal menggunakan topi baja menghancurkan kaca-kaca jendela dan melemparkan petasan ke dalamnya. Namun mereka tidak masuk ke dalam,” kata seorang saksi mata sebagaimana dilaporkan Voice of Russia, Minggu (22/6).

Bank Sberbank atau “Bank Tabungan Rusia” adalah bank terbesar di Rusia dan Eropa Timur serta bank terbesar ketiga di seluruh Eropa. Bank yang memiliki moto “Selalu Bersama Anda” ini berkantor pusat di Moskow dan telah berdiri sejak tahun 1841.

Sebelum aksi itu kelompok tersebut juga menggelar aksi demonstrasi anti-Rusia di dekat kompleks gereja Monastery of the Caves. Polisi segera datang ke lokasi tersebut sebelum terjadi aksi-aksi kerusuhan yang tidak terkendali.

Sebagai bagian dari Gereja Orthodox Timur di Ukraina, Monastery of the Caves dianggap sebagai bagian dari Gereja Orthodox Rusia yang menjalin hubungan spiritual dan organisasi dengan Patriarki Moskow.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL