yaroshKiev, LiputanIslam — Kelompok paramiliter kanan (Neo-Nazi) Ukraina yang memainkan peranan kunci dalam rangkaian unjuk rasa mendepak presiden terpilih Viktor Yanukovych bulan lalu, pada hari Sabtu (22/3) mengumumkan pembentukan partai politik.

“Partai politik Pravy Sektor (Sektor Kanan) telah dibentuk hari ini,” kata anggota partai Andriy Denissenko mengatakan dalam sebuah video YouTube setelah berlangsungnya pertemuan, yang dilakukan secara tertutup karena alasan keamanan.

“Partai ini akan menjadi alat di medan politik, sama dengan Kalashnikov yang menjadi alat di medan militer,” tambahnya.

Delegasi-delegasi yang hadir bahkan memilih ketua kelompok tersebut, Dmytro Yarosh, sebagai kandidat mereka untuk maju dalam pemilihan presiden yang akan berlangsung pada tanggal 25 Mei. Partai Pravy Sektor akan menarik dukungan dari kelompok-kelompok nasionalis Ukraina lainnya yang terdaftar, termasuk UNA-UNSO dan Trizub.

“Pravy Sektor terbuka untuk semua warga negara Ukraina,” kata Igor Manzur, seorang anggota dewan politik gerakan tersebut.

“Kami berharap ada kemungkinan untuk membentuk keanggotaan rahasia bagi para wartawan atau siapapun yang tidak ingin diketahui penggabungannya ke partai,” kata Manzur.

“Kami tahu bahwa kami memiliki para pendukung di berbagai lapisan masyarakat,” katanya.

Dalam wawancara dengan AFP bulan lalu yang jarang terjadi, Yarosh membantah bahwa ia merupakan seorang fasis dan anti-Semit. Ia menganggap dirinya sebagai seorang nasionalis yang menginginkan Ukraina menjadi “tuan di negaranya sendiri”. Kelompok ini terkenal dengan aksi-aksi kekerasan selama dan setelah aksi demonstrasi penggulingan Yanukovich. Terakhir, kelompok ini dengan menggunakan aksi kekerasan, memaksa direktur televisi nasional untuk mengundurkan diri, hingga aksinya mendapat kecamanan internasional.

Sekjen PBB, Ban Ki Moon bahkan telah memerintahkan rezim Ukraina untuk menindak tegas kelompok ini dan kelompok militan lainnya.  Rusia juga secara resmi telah memasukkan Yarosh sebagai penjahat dan daftar pencarian internasional.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL