militan tembak pesawatIslamabad, LiputanIslam.com — Kelompok militan Pakistan menembaki pesawat penumpang saat tengah mendarat di Bandara Peshawar. Demikian keterangan kepolisian Pakistan.

Dilaporkan oleh BBC dengan mengutip keterangan sumber-sumber kepolisian Pakistan, Rabu (25/6), pesawat jet penumpang Pakistan International Airlines nomor penerbangan PK756 yang terbang dari Riyadh, Saudi Arabia dengan 178 penumpang di dalamnya, ditembaki saat mendarat di Bandara Peshawar. Akibatnya seorang penumpang perempuan tewas dan 2 orang awak pesawat terluka.

Koran Pakistan Dawn menyebutkan bahwa aparat keamanan telah menutup bandara Bacha Khan, Peshawar, dan melancarkan operasi pencarian terhadap pelaku serangan.

Laporan-laporan menyebutkan bahwa para pramugari yang terluka telah dibawa ke rumah sakit. Namun seorang penumpang wanita meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Perwira polisi Dost Muhammad Khan mengatakan kepada kantor berita AS, Associated Press, lima peluru telah menembus pesawat tersebut. Sementara akibat serangan itu, pesawat mengalami “pendaratan keras”.

Seorang pejabat meskapai Pakistan International Airlines Mohammad Kifayatullah Khan mengatakan kepada Reuters bahwa saat ia memasuki pesawat ia melihat seorang penumpang wanita yang terluka tengah tergeletak di kursinya.

“Seluruh penumpang panik. Mereka semua ingin keluar dari pesawat secepat mungkin karena khawatir terjadi kebakaran,” kata Khan.

Beberapa hari lalu terjadi serangan mematikan oleh kelompok militan terhadap Bandara Jinnah di Karachi yang menewaskan hampir 40 orang pasukan penjaga dan pegawai bandara. Menyusul serangan ini minggu lalu pemerintah melancarkan operasi militer besar-besaran di wilayah Waziristan Utara, basis kelompok-kelompok militan Taliban.

Akibat operasi militer ini sebanyak 350.000 penduduk Waziristan Utara telah meninggalkan kampung halannya untuk menghindarkan diri menjadi korban pertempuran antara pasukan pemerintah dengan Taliban.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL