shabaab_kenyaMombasa, LiputanIslam.com — setidaknya 34 orang tewas ketika gerombolan militan Al-Shabaab dari Somalia menyerang hotel-hotel, restoran dan kantor-kantor pemerintah di sebuah kota di Kenya, hari Minggu (15/6).

Menurut para saksi, orang-orang bersenjata berat menyerang kota Mpeketoni, di dekat resor wisata populer Lamu pada Minggu malam (15/6) waktu setempat. Wakil kepala kepolisian distrik setempat, Benson Maisori mengatakan, beberapa gedung termasuk hotel, restoran, bank dan kantor-kantor pemerintah telah dibakar.

“Ada sekitar 50 penyerang, yang bersenjata berat dan menaiki tiga kendaraan dengan mengibarkan bendera Al-Shabaab. Mereka berteriak-teriak dalam bahasa Somalia dan meneriakkan takbir’,” kata Maisori seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (16/6).

Baku tembak antara aparat keamanan dan para penyerang pun berlangsung sengit sejak Minggu (15/6) malam dan terus berlanjut hingga Senin dini hari waktu setempat. Namun menjelang subuh, kota Mpeketoni dilaporkan sudah kembali tenang.

“Jasad-jasad lainnya telah ditemukan dan kami kini mendapatkan 34 jasad,” ujar seorang pejabat kepolisian setempat. Menurutnya, jumlah korban jiwa bisa bertambah seiring upaya pencarian jasad yang terus dilakukan.

Palang Merah Kenya membenarkan bahwa 34 orang tewas dalam insiden tersebut. “Para petugas kami masih menyisir daerah tersebut,” tutur kepala kepolisian Kenya David Kimaiyo.

“Kami menduga keterlibatan Al-Shabaab dalam serangan ini. Kami meminta untuk tetap tenang sementara kami melakukan upaya terbaik kami untuk menemukan para penyerang. Ini insiden yang sangat disayangkan,” imbuhnya.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL