The Golden Temple (holiest Sikh shrine), Amritsar, Punjab, IndiaAmritsar, LiputanIslam.com — Kelompok-kelompok Sikh terlibat bentrokan dengan menggunakan pedang di dalam tempat paling suci mereka di Kuil Emas, Amritsar, Jumat (6/5). Akibatnya beberapa orang mengalami luka-luka.

Saksi mata menyebutkan bentrokan terjadi setelah kelompok-kelompok itu saling berebut untuk menjadi pembicara pertama dalama upacara peringatan tragedi Kuil Emas tahun 1984 ketika tentara India atas perintah Perdana Menteri Indhia Gandhi, menyerbu kuil tersebut hingga menewaskan ratusan orang di dalamnya.

Saksi mata menyebutkan setidaknya 3 orang harus dibawa ke rumah sakit akibat bentrokan itu.

Pemerintah India mengumumkan jumlah korban tewas dalam penyerbuan tahun 1984 adalah 400 warga Sikh dan 87 tentara. Namun orang-orang Sikh mengklaim angkanya mencapai 1.000 orang tewas.

Pada hari Jumat (6/6) ratusan warga Sikh berkumpul di kuil tersebut untuk mengikuti upacara. Namun tidak lama, ketika upacara akan dimulai, terjadi keributan tentang siapa yang akan menjadi pembicara pertama.

Televisi India menyiarkan kelompok-kelompok yang berseteru dengan berturban biru dan yang berturban orange, saling bentrok di tangga hingga ruang sidang.

“Apa yang terjadi sangat menyedihkan. Hari ini kita mengotori lagi tempat suci itu,” kata Prem Singh Chandumajra, jubir partai Sikh yang menjadi penguasa Punjab, Shiromani Akali Dal (SAD) kepada wartawan.

Chandumajra mengatakan bahwa perkelahian di dalam kuil tidak bisa diterima dan menuntut pengelola kuil untuk melakukan tindakan tegas terhadap para perusuh.

Namun kini kondisi di dalam kuil maupun di sekitar kota telah berhasil diamankan. Demikian keterangan seorang pejabat kepolisian kepada BBC.

Serangan militer terhadap Kuil Emas tahun 1984 menimbulkan aksi-aksi kekerasan yang berujung pada pembunuhan Indhira Gandhi oleh pengawal pribadinya yang kebetulan adalah orang Sikh. Pembunuhan tersebut pada gilirannya memicu aksi-aksi kekerasan terhadap warga Sikh di New Delhi dan kota-kota lainnya, mengakibatkan ribuan orang tewas.

Penyerbuan terhadap Kuil Emas sendiri dilakukan Gandhi setelah kelompok militan Sikh yang dipimpin Jarnail Singh Bhindranwale menguasai tempat suci kaum Sikh itu tahun 1982.

Pada tanggal 3 sampai 8 Juni militer India melancarkan operasi pembersihan terhadap kuil tersebut, membunuh Bhindranwale, anggota kelompoknya dan warga sipil yang tengah beribadah. Pada tanggal 31 Oktober tahun yang sama, perdana menteri wanita Indhira Gandhi tewas dibunuh oleh 2 pengawal pribadinya yang beretnis Sikh. Selama bulan November 1984 lebih dari 3.000 orang tewas dalam kerusuhan anti Sikh yang melanda India.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL