pesawat saudi jatuhSana’a, LiputanIslam.com — Setelah menembak jatuh pesawat tempur Maroko yang melancarkan serangan udara di Yaman, kelompok Houthi juga berhasil menembak jatuh pesawat tempur Saudi Arabia.

Kelompok Houthi, tulang punggung Gerakan Ansarullah yang kini menguasai sebagian besar wilayah Yaman termasuk ibukota Sana’a, Senin (11/5), mengklaim menembak jatuh pesawat tempur Saudi di Lembah Noshour di Provinsi Sa’ada, demikian sebagaimana dilaporkan al-Massirah TV dan dilansir Press TV.

Sebelumnya pada hari Senin, militer Maroko juga mengklaim pesawat tempur F-16-nya jatuh dan menghilang saat menjalankan misi penyerangan di Yaman bersama pesawat-pesawat tempur Saudi dan sekutu-sekutu Arabnya.

Dalam serangan-serangan terakhir, pesawat-pesawat tempur Saudi menargetkan kota Ta’izz di barat laut Yaman. Serangan ini melukai 11 warga. Pesawat-pesawat Saudi juga menghancurkan kota-kota di Provinsi Sa’ada dan Hajjah, membunuh setidaknya 5 orang. Pesawat-pesawat Saudi juga menghantam sebuah distrik di Provinsi Bayda, menewaskan 2 orang.

Sementara itu Saudi Arabia juga telah memblokir pengiriman bantuan kemanusiaan bagi rakyat Yaman yang menderita karena serangan Saudi, mengabaikan seruan kelompok-kelompok sosial internasional untuk membuka akses bagi mereka.

Menurut laporan terakhir PBB kampanye serangan udara yang dipimpin Saudi Arabia terhadap Yaman telah menewaskan setidaknya 1.400 irang dan melukai 6.000 orang lainnya. Sebagian besar dari mereka adalah warga sipil.

Berbicara kepada Press TV di Sana’a, Senin (11/5), koresponden Yousef Mawry mengatakan bahwa pesawat tempur Saudi yang jatuh ditembak dengan senjata anti-pesawat saat terbang pada ketinggian rendah.

Mawry menambahkan bahwa pertempuran kembali memanas antara Gerakan Ansarullah melawan anggota-anggota Al Qaida Yaman di kota Aden. Gerakan Ansarullah berusaha menguasai pelabuhan udara dan pelabuhan laut di kota itu, yang menjadi lokasi strategis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL