boko haramAbuja, LiputanIslam.com — Kelompok teroris Boko Haram kembali melakukan aksi penculikan besar-besaran dan membawa pergi 200 orang warga sebah desa terpencil di Timur Laut Nigeria dan membunuh 33 warga.

Sebagaimana dilansir BBC News, Jumat (19/12) dengan mengutip keterangan para saksi, Boko Haram menculik anak-anak muda, wanita dan anak-anak di Desa Gumsuri, hari Minggu (14/12), namun kabarnya baru sampai di kota Maiduguri setelah warga yang selamat berhasil melarikan diri ke sana.

Sementara itu militer Kamerun mengklaim berhasil menewaskan 116 anggota Boko Haram saat menyerang pangkalan militer negara itu.

“Setelah membunuh anak-anak muda kami, mereka membawa pergi istri-istri dan anak-anak perempuan kami,” kata seorang warga yang selamat kepada BBC.

Warga mengatakan kepada BBC bahwa Boko Haram juga menyerang kota perbatasan Amchide pada hari Rabu (17/12) dengan mengendarai 2 kendaraan dan sebagian besar lainnya dengan berjalan kaki. Di sini mereka menyerang pasar, membakar toko-toko dan lebih dari 50 rumah.

Belum ada yang mengklaim sebagai pelaku serangan, namun warga dan para pejabat meyakini sebagai tindakan kelompok Boko Haram.

Pada bulan April kelompok yang sama menculik 200 pelajar putri sekolah menengah di kota Chibok dan hingga saat ini keberadaan mereka tidak diketahui.

Gumsuri terletak 70 km dari kota Maiduguri. Namun karena menghindari wilayah kekuasaan Boko Haram, korban yang selamat harus menempuh jarak yang lebih jauh untuk mencapai Maiduguri.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL