billion-630London, LiputanIslam.com — Kekayaan para milyuner di seluruh dunia tahun lalu mengalami kenaikan signifikan sebesar 14% menjadi $152 triliun. Faktor utamanya adalah adanya kenaikan indeks harga saham di seluruh dunia. Demikian laporan yang dirilis Boston Consulting Group, sebagaimana dikutip BBC, Senin (10/6).

Kenaikan tersebut terutama disumbangkan oleh kenaikan kekayaan para milyuner di wilayah Asia Pasifik, termasuk Jepang dan Cina sebesar 31% menjadi $37 triliun.

Jumlah orang kaya di seluruh dunia juga mengalami kenaikan cukup tajam tahun lalu dari 13,7 juta pada tahun 2012 menjadi 16,3 juta tahun lalu.

Cina adalah negara yang paling banyak melahirkan milyuner baru, yaitu dari 1,5 juta tahun 2012 menjadi 2,4 juta tahun lalu. Kenaikan kekayaan para jutawan Cina juga paling signifikan nilainya, yaitu mencapai 49%.

Laporan yang dibuat Boston Consulting Group tersebut baru memperhitungkan beberapa item kekayaan, yaitu uang tunai, deposito, dan saham, dan belum menghitung item-item penting lainnya seperti property, barang-barang mewah dan aset perusahan non-saham.

“Di hampir seluruh negara, pertumbuhan kekayaan sektor swasta ini didorong oleh kenaikan kuat pasar saham yang dimulai sejak pertengahan tahun 2012,” tulis laporan tersebut.

Selain itu stabilitas ekonomi dan pemulihan ekonomi di Eropa dan AS juga berpengaruh kuat atas kenaikan kekayaan tersebut.

Dengan trend yang ada, Asia Pasifik diperkirakan akan menjadi kawasan terkaya kedua mengalahkan Eropa Barat pada tahun 2018 dengan Amerika Utara masih memegang posisi sebagai kawasan terkaya di dunia.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL