hms talentLondon, LiputanIslam.com — Kapal selam Inggris HMS Telent mengalami kerusakan akibat menabrak bongkahan es dalam sebuah misi pelacakan kapal Rusia di kawasan Laut Utara. Demikian media Inggris The Daily Mail melaporkan sebagaimana dikutip media Rusia Sputnik, hari Minggu (5/4).

Akibat kerusakan itu AL Inggris mengalami kerugian sebesar £500,000 atau hampir Rp 10 miliar. Insiden dilaporkan terjadi tahun lalu namun tidak disebutkan tanggalnya. Kapal tersebut masuk ke pusat perbaikan kapal-kapal selam (Submarine Refit Complex) di Devonport bulana lalu dan dibutuhkan beberapa bulan untuk memperbaikinya. Demikian laporan itu menyebutkan.

Kapal selam berbobot 5.300 ton dan diawaki oleh 130 orang itu mengalami kerusakan di bagian menaranya setelah menabrak bongkahan es yang mengapung. Namun Kemenhan Inggris membantah kalau kerusakan tersebut disebabkan oleh serempetan dengan kapal Rusia yang dikejarnya.

Seorang pejabat AL Inggris (Royal Navy) mengatakan kepada The Daily Mail bahwa ‘menabrak bongkahan es adalah masalah yang sering dihadapi’. Akibat insiden itu, lapisan ‘acoustic tiles’ yang berfungsi meredam suara benturan ombak, mengalami kerusakan dan harus diperbaiki.

Insiden tersebut mendapat perhatian media-media sosial Rusia dengan sebagian besar netizen Rusia mengolok-olok Inggris dalam insiden itu.

“HMS Talent mengalami kerusakan di menaranya karena tabrakan dengan lapisan es. Komandan bongkahan es dan awaknya telah mendapatkan penghargaan,” tulis seorang netizen seperti dilansir Sputnik.

Daily Mail menyebutkan insiden ‘menabrak es’ telah terjadi beberapa kali sebelumnya, terutama di era Perang Dingin. Pada tahun 1981, misalnya, terjadi tabrakan antara kapal selam bertenaga nuklir HMS Sceptre dengan kapal selam bertenaga nuklir Rusia K-211, namun Inggris melaporkan insiden tersebut sebagai tabrakan dengan es.

Sebagaimana pesawat-pesawat perangnya, kapal-kapal perang Inggris terlibat dalam permainan ‘kejar-intai’ yang intensif dengan kapal-kapal perang Rusia dalam setahun terakhir terkait dengan memanasnya hubungan Rusia dengan negara-negara NATO karena konflik Ukraina.

HMS Talent adalah kapal selama pemburu kapal selam yang diluncurkan Inggris tahun 1988. Selain peralatan elektronik canggih untuk melacak keberadaan kapal-kapal musuh, kapal selam ini juga dilengkapi dengan rudal-rudal jelajah Tomahawk yang digunakan untuk melakukan serangan-serangan di darat.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL