Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan membuka kesempatan untuk maskapai asing bisa masuk Indonesia. Hal itu dilakukan untuk menurunkan harga tiket pesawat yang mahal.

Menurut pengamat penerbangan sekaligus mantan KSAU, Chappy Hakim, rencana Jokowi membuka maskapai asing justru dapat mengancam sektor penerbangan Indonesia.

Baca: China Airlines Buka Rute Domestik, Ini Kata Kemenhub

“Apabila memang benar-benar dibuka kesempatan bagi maskapai asing, maka bisa terjadi bahwa ada maskapai asing yang melihat peluang besar untuk memperoleh keuntungan di Indonesia karena Indonesia negara kepulauan,” kata Chappy, Sabtu (15/6).

Dia mengatakan, maskapai asing yang memiliki modal yang besar bisa mengambil kesempatan untuk mengeruk keuntungan dalam negeri.

“Tidak ada maskapai asing saja Merpati bangkrut, Garuda belum selesai dengan lilitan utangnya. Bagaimana kalau maskapai asing dengan kapital yang besar bisa mengambil alih semuanya? itu sangat berbahaya,” ujarnya.

Di sisi lain, pengamat penerbangan Alvin Lie menilai, rencana Jokowi untuk mendatangkan maskapai asing ke Indonesia tidak akan berdampak signifikan pada turunnya harga tiket pesawat.

Dia menjelaskan, maskapai asing juga akan menggunakan rumus perhitungan bisnis yang kurang lebih sama dengan yang dilakukan maskapai domestik, apalagi, kalau maskapai tersebut menggunakan SDM dari luar negeri, baik pilot maupun awak kabin. Tentunya biaya produksi akan menjadi mahal.

“Kalau asing masuk apa akan menggunakan pilot asing atau pilot lokal? awak pesawatnya, awak kabinnya mau asing apa lokal? Memang pilot asing lebih murah daripada pilot Indonesia? (lebih mahal?) ya jelas. bagaimana pun tenaga kerja expatriat itu lebih mahal,” paparnya.

Oleh karena itu, menurutnya masuknya maskapai asing ke Indonesia tidak akan menurunkan harga tiket pesawat.

“(Biaya produksi mahal?) Iya, bagaimana mau lebih murah. Saya jamin nggak mungkin lebih murah,” ujarnya. (sh/merdeka/liputan6)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*