pesawat jatuh di laosVientiane, LiputanIslam.com — Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan Laos Douangchay Phichit dan beberapa pejabat lainnya dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat militer di Provinsi Xiangkhouang di utara Laos, hari Sabtu (17/5).

Pesawat Antonov AN-74TK-300 yang dioperasikan oleh AU Laos itu terbang dari ibukota Vientiane untuk tujuan yang tidak disebutkan. Lokasi jatuhnya pesawat berjarak sekitar 500 km dari ibukota.

Phichit terbang ditemani istrinya bersama sekitar 20 penumpang lainnya, termasuk Gubernur Vientiane yang juga dinyatakan tewas. Diperkirakan mereka tengah menuju satu tempat di Xiangkhouang untuk menghadiri sebuah acara resmi.

Laos, sebuah negara kecil yang agak terisolir di kawasan Indocina dengan penduduk 7 juta jiwa,  diperintah oleh rezim otoriter komunis. Termasuk salah satu negara termiskin di Asia, Laos memiliki catatan penerbangan udara yang buruk.

Pada bulan Oktober tahun lalu sebuah pesawat sipil yang dioperasikan oleh maskapai Laos Airlines jatuh di Sungai Mekong menewaskan 49 penumpang di dalamnya. Kemudian pada tahun 1998, sebuah pesawat militer Vietnam juga jatuh di Xiangkhouang, menewaskan seluruh penumpangnya termasuk seorang jendral Vietnam.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL