pasukan as polandiaWarsawa, LiputanIslam.com — Keberadaan pasukan AS di Polandia dan negera-negara Baltik akan diperpanjang hingga tahun depan. Seorang komandan pasukan AS di Eropa mengatakan, sebagaimana dilaporkan Russia Today, Senin (24/11).

NATO menyebut kehadiran pasukan itu sebagai “faktor penggentar melawan agresifitas Rusia” sementara Rusia menuduhnya sebagai penambah ketegangan di kawasan.

NATO menggelar ratusan pasukan AS di Poland, Latvia, Lithuania dan Estonia tahun ini seiring meningkatnya ketegangan di Ukraina yang melibatkan Rusia. Para pejabat NATO menyebut kehadiran pasukan itu untuk menambah kepercayaan negara-negara tersebut setelah terjadinya konflik di Ukraina serta penggabungan Krimea dengan Rusia.

NATO menhyebut penggabungan Krimea dengan Rusia sebagai aneksasi atau klaim sepihak Rusia, dan hal itu menimbulkan kekhawatiran Rusia melakukan hal yang sama terhadap Polandia dan negara-negara Baltik yang bekas sekutu kuat dan bagian Uni Sovyet, atau Rusia pada masa Perang Dingin.

Awalnya keberadaan pasukan itu di negara-nera tersebut dijadwalkan sampai akhir tahun saja, namun NATO kini menginginkannya untuk diperpanjang hingga setidaknya setahun lagi. Demikian kata Letjen Frederick Ben Hodges, komadan pasukan AS di Eropa.

“Kami telah merencanakan perputaran hingga tahun depan. Unit-unit didisain untuk tetap meneruskan misinya,” tambah Hodges kepada wartawan di ibukota Lithuanian, Vilnius.

“Akan ada pasukan AS di sini di Lithuania, sebagaimana di Estonia dan Latvia serta Polandia, selama dibutuhkan untuk menghentikan agresifitas Rusia dan untuk menjamin keamanan sekutu-sekutu kita,” ujar Hodges lagi.

Pada tahun 1997 Russia dan NATO membuat kesepakatan untuk melarang NATO menempatkan pasukannya secara permanen di negara-negara Baltik. Namun masih belum jelas apakah NATO bisa tetap menempatkan pasukannya di negara-negara itu selama NATO menganggap Rusia sebagai ancaman?(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL