korselSeoul, LiputanIslam.com — Setidaknya 20 orang tewas dalam musibah kebakaran yang melanda sebuah rumah sakit di Janseong, Korsel, Selasa malam (27/5). Selain itu sebanyak 6 orang mengalami luka serius dan kini menjalani perawatana intensif di Hyosarang Hospital, 300 km selatan ibukota Seoul.

Sebagaimana dilaporkan BBC, Selasa, sebagian besar korban adalah pasien berusia lanjut antara 70-an dan 80-an tahun yang terjebak di dalam kamarnya.

Para pejabat setempat menyebutkan bahwa sebagian besar tewas akibat menghirup asap tebal bercampur gas beracun yang terbakar. Kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu setengah jam, namun sudah terlanjur menelan nyawa banyak orang.

Insiden ini menambah duka warga Korsel setelah tenggelamnya kapal feri Sewol yang menelan nyawa lebih dari 300 orang bulan Aril lalu. Presiden Park Geun-hye telah berkali-kali menyatakan permohonan ma’afnya kepada rakyat Korsel atas musibah tersebut dan berjanji untuk meningkatkan standar keamanan pelayaran laut Korsel serta mereorganisasi badan Pangawal Pantai. Tidak hanya itu, perdana menteri Chung Hong-won, pun mengundurkan diri akibat musibah tersebut.

Musibah terbakarnya rumah sakit di Janseong ini juga terjadi hanya berselang sehari setelah sebelumnya sebuah insiden kebakaran terminal bus di kota Goyang menewaskan 7 orang dan melukai lebih dari 20 orang lainnya.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL