pakistan shiahIslamabad, LiputanIslam.com — Orang-orang Syiah Pakistan mengecam perundingan yang dilaksanakan pemerintah dengan kelompok Taliban Pakistan, Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP). Mereka menganggap perundingan tersebut hanya akan membuat kelompok Taliban semakin gencar melakukan aksi-aksi kekerasan terhadap kaum Syiah.

Pada hari Jumat (7/2), Majlis Wahdat-e-Muslimeen, organisasi yang beranggotakan orang-orang Syiah Pakistan, mengorganisir aksi demonstrasi besar-besaran untuk menentang perundingan tersebut. Mereka menyebut perundingan tersebut tidak akan berhasil dan hanya memberi keleluasaan kepada kelompok-kelompok militan untuk melakukan aksi-aksi kekerasan terhadap orang-orang Syiah.

Ali Hussain, seorang aktifis Syiah yang turut mengoganisir aksi tersebut mengatakan kepada media Iran “Press TV” bahwa pemerintah tengah “memberi kesempatan kepada para militan untuk melakukan aksi-aksi kekerasan terhadap orang-orang tak bersalah”.

Kaum Syiah Pakistan menuntut pemerintah untuk melakukan tindakan tegas kepada para ekstremis dan menuduhnya telah gagal memberikan keamanan bagi warga negaranya sendiri. Para pemimpin Syiah juga telah mengajukan tuntutan kepada pemerintah untuk membentuk komisi yudisial untuk menyelidiki berbagai aksi kekerasan yang telah menelan nyawa ratusan warga Syiah.

Menurut data Human Rights Watch, selama tahun 2013 saja sebanyak 400 orang Syiah Pakistan tewas akibat aksi-aksi kekerasan yang dilakukan para ekstremis. Di antara korban tersebut terdapat beberapa profesors, dokter dan wanita serta anak-anak sekolah. Sementara untuk tahun 2014 ini telah belasan orang Syiah telah menjadi korban aksi-aksi kekerasan.

Perundingan pertama antara pemerintah dengan Taliban Pakistan telah dimulai tgl 6 Februari lalu. Banyak pengamat yang meragukan hasil positif dari pertemuan tersebut mengingat banyaknya aksi-aksi kekerasan yang telah dilakukan oleh kelompok Taliban.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL