buka bersama obamaWashington, LiputanIslam.com — Tokoh-tokoh organisasi-organisasi muslim AS memboikot acara buka bersama yang digelar Presiden Obama di Gedung Putih, hari Senin (14/7) sebagai bentuk protes atas kebijakan pemerintah AS yang dianggap anti-Islam.

Sebagai ganti dari mengikuti acara makan malam, kaum muslim AS menggelar aksi protes di luar Gedung Putih. Demikian laporan Press TV mengutip laporan media-media AS.

Di masa lalu, Gedung Putih biasa menggelar beberapa kali acara buka puasa bersama selama Ramadhan dengan dihadiri tokoh-tokoh muslim AS.

Dalam acara buka bersama hari Senin (14/7) beberapa tokoh muslim dari beberapa organisasi Islam tetap hadir sebagai kesempatan untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah AS. Namun sebagian lainnya menolak hadir sebagai protes atas kebijakan pemerintah AS yang dianggap anti-Islam.

Menurut laporan Firedoglake, lebih dari 100 pengacara, aktifis, dan cendekiawan Islam telah menandatangani petisi yang menyebutkan alasan boikot.

“Makan malam tidak merepresentasikan apapun kecuali mencuci tangan atas kejahatan negara, menghindarkan lembaga-lembaga negara untuk bertanggungjawab dan menciptakan mekanisme akuntabilitas dan transparansi bagi pelanggaran hak-hak sipil yang telah dilakukan terhadap kaum muslim, dan seluruh rakyat AS pada umumnya, dimulai dari sebelum dimulainya perang melawan terorisme.”

Pada khususnya kaum muslim bermaksud untuk memprotes dukungan mutlak AS terhadap Israel yang melakukan tindakan keji terhadap rakyat Palestina di Gaza serta aksi mata-mata terhadap tokoh-tokoh muslim AS.

Atas aksi keji Israel yang telah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina di Gaza saat ini, pemerintah AS telah memberikan dukungannya dengan mengatakan bahwa Israel berhak membela diri dari serangan roket Palestina.

“Tidak ada negara yang bisa menerima roket-roket ditembakkan kepada penduduk sipil. Dan itulah sebabnya kami mendukung Israel untuk membela diri,” kata jubir Gedung Putih Josh Earnest, hari Senin (14/7).

Ramah Kudaimi, salah seorang tokoh muslim AS yang mengorganisir boikot mengatakan kepada Firedoglake, “satu dari alasan utama kami menyerukan boikot ini adalah untuk mengatakan ini hanya satu kesempatan untuk menunjukkan kepada rakyat AS satu pertunjukan cuci tangan atas kejahatan terhadap umat Islam.”

Di antara organisasi yang memboikot acara buka bersama adalah American-Arab Anti-Discrimination Committee (ADC) yang dengan keras mengecam aksi keji Israel di Gaza serta mata-mata terhadap tokoh-tokoh muslim AS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL