kataloniaBarcelona, LiputanIslam.com — Provinsi otonom Katalonia, hari Minggu (27/9) menggelar pilkada yang diangap sebagai yang terpenting dalam sejarah modern Spanyol, di mana kubu separatis diperkirakan menang.

TPS-TPS dibuka di bawah langit berkabut di Barcelona di mana bendara Catalan merah-kuning berkibar di gedung-gedung. Lebih dari 5,5 juta orang dari total 7,5 juta penduduk Katalonia yang memiliki hak suara berkumpul di sekitar 2.700 TPS di seluruh daerah ini.

Aliansi pro-kemerdekaan pimpinan gubernur Artur Mas telah bersumpah untuk melanjutkan ke proklamasi kemerdekaan pada 2017 jika menjadi mayoritas di DPRD, bahkan akan tetap melakukan itu sekalipun tidak menjadi mayoritas di parlemen daerah.

Pemerintah pusat Spanyol menyebut pemisahan diri sebagai ilegal dan menyeru negara ini untuk tetap bersatu di tengah pulihnya perekonomian zona euro terbesar keempat itu dari krisis.

Madrid mengatakan Catalonia akan ditendang dari Uni Eropa dan eurozone jika memisahkan diri dari Spanyol.

“Catalonia menentukan masa depannya di Eropa,” tulis headline harian nasional tengah-kanan El Mundo.

“Masa depan Catalonia dipertaruhkan,” tulis harian La Vanguardia seperti dikutip AFP dan dilansir Antara, Minggu petang.(27/9).(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL