kodokNew York, LiputanIslam.com — Para ahli mengkonfirmasi penemuan katak jenis baru di New York. Demikian BBC News melaporkan, Kamis (30/10).

Jeremy Feinberg, ilmuwan dari Rutgers University, New Jersey, yang memimpin tim ahli itu, pertama kali mengetahui keberadaan katak jenis baru itu setelah mendengar suara katak yang sangat aneh. Setelah penemuan itu, iapun mempublisnya di jurnal ilmiah Plos One.

Menurutnya, ini adalah temuan katak jenis baru di wilayah New York dan sekitarnya selama 30 tahun terakhir.

“Katak memiliki bunyi yang khas pada tiap jenisnya, jadi saya tahu ini adalah katak jenis baru ketika pertama mendengar suaranya,” kata Feinberg kepada BBC News.

Katak itu ditemukannya di kawasan berawa-rawa Staten Island. Untuk memastikan kebenaran penemuannya itu, ia memerlukan waktu selama 2 tahun setelah bekerjasama dengan beberapa ahli genetik.Ia menamakan katak jenis baru itu sebagai Rana kauffeldi, satu keluarga dengan katak leopard yang menjadi penghuni habitat di kawasan Manhattan.

“Ini adalah penemuan ketiga jenis katak baru di Amerika Utara sejak tahun 1986,” kata Feinberg.

Yang membuat penemuan ini istimewa, tambah Feinberg adalah karena penemuan itu terjadi di kawasan perkotaan metropolitan.

“Itu yang membuatnya “dobel wow”,” katanya.

Meskipun demikian ia memastikan katak-katak itu tidak akan ditemukan di kawasan Times Square atau bahkan di Central Park, karena katak itu membutuhkan kawasan basah seluas 10 acre atau lebih.

Dr Gerardo Garcia, seorang pakar konservasi amphibi dan reptil langka di Chester Zoo, Inggris, menyebut penemuan itu sebagai “berita besar”.

“Penemuan ini didukung oleh kombinasi teknologi baru dan teknik modern analisis genetik,” katanya, menyebut di daerah lain seperti Madagaskan, ahli haru berburu waktu untuk menentukan jenis sebuah spesies sebelum spesies itu punah.

Di sisi lain Feinberg mengkhawatirkan katak ini tidak bisa bertahan lama keberadaanya mengingat perkembangan kota yang bakal menggusur habitat katak itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL