zulkifli kartunisKualalumpur, LiputanIslam.com — Polisi Malaysia telah menangkap seorang kartunis atas tuduhan penghasutan, setelah mempostingkan kicauan yang mengecam hukuman terhadap tokoh oposisi Anwar Ibrahim.

Seperti dilansir BBC News, Rabu (11/2), kartunis Zulkifli Anwar Haque mempostingkan beberapa kicauan di media sosial yang isinya menuduh Perdana Menteri Najib Razak telah mempengaruhi pengadilan untuk menjatuhkan hukuman kepada Anwar Ibrahim.

Zulkifli (52 tahun) yang juga dikenal dengan nama lain Zunar, ditangkap di rumahnya Selasa (10/2) malam, tidak lama setelah ia memposting di akun Twitter gambar yang menunjukkan Najib sebagai hakim dalam persidangan Anwar Ibrahim.

Sebagaimana diberitakan LI, hari Selasa kemarin Mahkamah Agung Malaysia mengukuhkan hukuman penjara 5 tahun bagi Anwar Ibrahim atas dakwaan perbuatan sodomi dengan pembantu prianya tahun 2008 lalu.

“Ia yang berjubah hitam itu (hakim) senang saat menjatuhkan vonis hukuman. Imbalan yang diperolehnya dari tuannya pasti sangat besar,” kicau Zulkifli di Twitter.

Kepala polisi Khalid Abu Bakar mengatakan pihaknya juga melakukan penyelidikan terhadap 2 tokoh oposisi atas tuduhan yang sama terkait dengan vonis Anwar Ibrahim.

Atas penangkapan itu kelompok Human Rights Watch menuduh tindakan PM Najib bahwa yang mengkriminalisasi aksi-aksi protes dan kritikan telah mengancam negara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL