haji ebolaRiyadh, LiputanIslam.com — Pemerintah Arab Saudi, hari Selasa (1/4), mengumumkan penundaan pemberian visa untuk jamaah haji asal Guinea dan Liberia, dua negara Afrika barat yang terkena wabah virus ebola yang mematikan.

Langkah preventif itu dilakukan atas permintaan Kementerian Kesehatan Arab Saudi terkait bahaya penyakit yang sangat menular itu. Demikian kantor berita SPA mengabarkan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan tidak merekomendasikan larangan perjalanan atau perdagangan ke Guinea dan Liberia atau Sierra Leone yang dikabarkan terkena wabah diduga ebola.

Sementara itu, Medecin Sans Frontier (MSF) mengatakan wabah penyakit diduga ebola ini sudah mengakibatkan 78 orang meninggal dunia di Guinea sejak Januari lalu. Penyebaran penyakit ini merupakan  epidemi yang tak diperkiraka  sebelumnya dan telah menyebar ke seluruh Afrika barat.

Kementerian Kesehatan Guinea mencatat 122 pasien terduga ebola dan 78 orang di antaranya meninggal dunia.

Penyakit yang disebabkan virus tropis ini mengakibatkan penderitanya menderita demam, sakit pada otot, tubuh lemas, muntah-muntah, diarea dan dalam beberapa kasus mengakibatkan sejumlah organ tubuh tak bekerja dan pendarahan terus menerus.(ca/kompas.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL