mosleminfo abudhabi

Sumber foto: Mosleminfo

Abu Dhabi, LiputanIslam.com —Sebanyak 250 ulama dan cendekiawan muslim mengumumkan pembentukan ‘Dewan Ulama Islam’ demi menggalang perdamaian dunia Islam dan menentang para penyeru fitnah. Pembentukan dewan tersebut disponsori oleh Uni Emirat Arab. Para anggota dewan mengusulkan konsep baru untuk menghadapi ‘Persatuan Internasional Ulama Muslim’ yang diketuai oleh Sheikh Yusuf Al-Qardhawi.

Pembentukan Dewan Ulama tersebut diumumkan disela-sela seminar ‘Menggalang Perdamaian Dunia Islam” yang diselenggarakan di Abu Dhabi UEA, dengan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Sheikh Abdullah bin Zaid Ali Nahyan, pada hari Senin (10/3/2014).

Di antara para pendiri Dewan Ulama tersebut adalah Sheikh Abdullah bin Bayyah, mantan wakil ketua Persatuan Ulama yang dipimpin oleh Al-Qardhawi, yang mengunduran diri sebagai bentuk protes akan kebijaksanaan dan orientasi ‘Persatuan’.

Sebuah sumber terdekat dari Grand Sheikh Al-Azhar Dr. Ahmad Thayib memberikan keterangan kepada harian Shorouknews bahwa Grand Sheikh akan menjadi ketua dewan kehormatan bersama Sheikh Bin Bayyah di struktur Dewan Ulama. Ia menegaskan bahwa rekomendasi Grand Sheikh di seminar ‘Perdamaian Dunia Islam’ akan menjadi misi utama Dewan Ulama. Diantaranya adalah menjalin hubungan antara para ulama dan para politisi.

Sumber tersebut juga menjelaskan, peran Dewan Ulama adalah memberikan penjelasan yang benar kepada masyarakat dan menjadi alternatif rujukan dalam memberikan pencerahan kepada umat Islam. Ia juga mengatakan bahwa ada banyak ulama yang mengundurkan diri dari ‘Persatuan Ulama’ pimpinan Al-Qardhawi dan memilih bergabung ke ‘Dewan Ulama’, sebagai bentuk protes atas orientasi ‘Persatuan’ selama ini. Ia menegaskan bahwa peran ‘Dewan Ulama’ bukan untuk memerangi ‘Persatuan Ulama’, akan tetapi perannya adalah untuk memadamkan api fitnah dan menghentikan pertumpahan darah di negara-negara Arab pasca kekacauan dan peperangan yang terjadi akhir-akhir ini.

Sumber: Mosleminfo.com (LiputanIslam.com/af)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL