china train passangerBeijing, LiputanIslam.com — Peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei tidak hanya diwarnai oleh sejumlah aksi unjuk rasa, tapi juga dengan perjalanan wisata. Akibat libur panjang Hari Buruh di Cina, jutaan tiket kereta ludes dalam waktu cepat.

Dilaporkan Xinhua, Kamis (1/5), data dari otoritas kereta api Cina menyebutkan perjalanan kereta di negara ini diperkirakan akan tembus hingga 10 juta pada hari Jumat (2/5), hari pertama dalam rangkaian libur tiga hari.

Menurut lembaga ini, pada Rabu (30/4), 8,76 juta warga Cina telah melakukan perjalanan dengan kereta. Jumlah ini naik 20,6 persen dibanding hari yang sama pada tahun lalu. Untuk mengatasi lonjakan penumpang, pihak kereta Cina pun telah menyiapkan setidaknya 346 kereta tambahan.

Sementara itu, di Istanbul, Turki, Hari Buruh diwarnai dengan sejumlah aksi protes. Meski pemerintah Turki melarang adanya demo tahun ini, sejumlah aktivis tidak menggubris larangan itu.

Mereka tetap memenuhi Alun-alun Taksim. Polisi Turki pun membubarkan ratusan demonstran dengan menggunakan kanon air dan gas air mata.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL