the globalSeoul, LiputanIslam.com — Kapal kontainer terbesar di dunia The Globe berlabuh di Inggris, Rabu (7/1), setelah melalui pelayaran perdananya tanggal 3 Desember lalu.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Kamis (8/1), The Globe berlabuh di pelabuhan Felixstowe, Suffolk, Inggris Selatan. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan tersibuk di Inggris yang melayani sekitar 40% angkutan kontainer ke Inggris.

The Globe memulai pelayaran perdananya dari kota pelabuhan Qingdao tanggal 3 Desember lalu. Setelah membongkar muatannya, kapal ini akan kembali ke Cina dengan terlebih dahulu singgah di Rotterdam, Hamburg dan Bruges. Dijadwalkan kapal ini akan tiba di pelabuhan Ningbo, Cina, pada tanggal 25 Februari.

The Globe adalah kapal pertama dari 5 kapal sejenis yang dibangun oleh galangan kapal Hyundai Heavy Industries di Korsel. Seluruh sisanya dijadwalkan akan dikirimkan kepada para pemesannya sampai akhir tahun ini.

Dimiliki oleh China Shipping Container Lines, The Globe memiliki ukuran panjang lebih dari 400 meter atau lebih dari 4 kali ukuran lapangan sepakbola. Lebar kapal ini mencapai 56,8 meter dan tinggi 73 meter. Dengan berat mencapai 186.000 ton, ukuran kapal ini setara dengan 2 kapal induk bertenaga nuklir AS.

Namun yang paling menonjol dari ukuran kapal ini adalah daya angkutnya yang mempu mengangkut 19.100 kontainer ukuran standar 20 kaki. Dengan daya angkut sebesar itu The Globe mampu menampung 300 juta komputer tablet, atau 900 juta kaleng minuman.

“Anda akan merasa seperti mahluk kerdil di hadapan The Globe,” kata Damian Brett, pakar angkutan kontainer dari Lloyd’s List.

Namun usianya sebagai pemegang rekor kapal terbesar akan segera terpecahkan akhir bulan ini. Kapal kargo The Oscar milik Mediterranean Shipping Company dan dibuat oleh perusahaan Korea saingan Hyundai, Daewoo,  dijadwalkan akan diluncurkan hari ini (8/1). The Oscar dirancang untuk mengangkut 19.224 kontainer ukuran standar. Kapal ini dirancanakan akan memulai pelayaran perdananya pada tanggal 25 Januari nanti dengan rute Asia-Eropa pulang-pergi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*