kebakaran kapal selam rusiaSt. Petersberg, LiputanIslam.com — Kebakaran terjadi di kapal selam bertenaga nuklir Rusia yang tengah diperbaiki di galangan kapal di Arctic, Rusia utara. Namun petugas telah berhasil memadamkannya. Demikian BBC News melaporkan, Rabu (8/4).

Kebakaran tersebut terjadi di kapal selam ‘Orel’, sebuah kapal selam bertenaga nuklir kelas Oscar-II. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu, juga tidak ada laporan adanya radioaktif karena tidak ada senjata nuklir di dalam kapal tersebut ketika terjadinya kebakaran. Demikian laporan itu menyebutkan, mengutip media-media Rusia.

Badan penyidik kecelakaan Rusia kini tengah menyelidiki penyebab kebakaran itu.

“Sumber api dan asap di dalam kapal selam Orel, yang tengah dalam perbaikana di galangan Zvezdochka, telah padam sepenuhnya,” kata jubir galangan kapal Yevgeny Gladyshev kepada kantor berita Rusia Interfax.

“Asap tidak lagi keluar, hanya uap yang ada,” tambahnya.

Gladyshev menambahkan bahwa galangan tersebut masih ditenggelamkan untuk memadamkan api dan lambung kapal telah disiram dengan air dari atas. Namun ia menjamin air tersebut tidak akan merusak sistem peralatan kapal karena lambung bagian dalam kapal masih tertutup.

Pejabat galangan kapal lainnya, Ilya Zhitomirsky, mengatakan kepada Associated Press bahwa bagian kritis kapal selam tersebut telah dipindah sebelum kapal selam itu diperbaiki di galangan.

Kapal selam ‘Orel’ yang memiliki panjang 155 meter itu bergabung dengan AL Rusia sejak tahun 1992 dan kini berada di bawah komando Armada Utara yang berbasis di Murmansk. Saat beroperasi kapal selam ini dilengkapi dengan rudal-rudal anti-kapal.

Media-media lokal menyebutkan bahwa api berawal ketika
percikan api dari mesin las membakar benda yang mudah terbakar.

Pada tahun 2011 kapal selam nuklir Yekaterinburg juga mengalami kebakaran hebat saat dalam perbaikan di Murmansk. Sembilan orang terluka dalam kebakaran itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL